Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kemenhub Sebut Layanan Teman Bus Sebentar Lagi Jadi Berbayar

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat menyatakan, layanan Teman Bus bakal berbayar dalam waktu dekat, alias tak lagi gratis.

Dirjen Hubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengenai tiket berbayar pada layanan Teman Bus. Lantaran ini akan menjadi penerimaan negara bukan pajak (PNBP).

"Sekarang ini memang masih belum berbayar, tapi dalam waktu dekat kami sudah koordinasi dengan Kementerian Keuangan, tidak terlampau lama, mudah-mudahan untuk tiket sudah bisa akan dikeluarkan, karena ini masuknya adalah kepada PNBP," ujarnya dalam konferensi pers virtual, Sabtu (15/1/2022).

Teman Bus merupakan penyediaan bus angkutan massal perkotaan dalam program buy the service (BTS) yang digagas oleh Kemenhub, yang saat ini tersedia di 10 kota besar.

Terdiri dari Palembang, Solo, Bali, Yogyakarta, dan Medan yang sudah beroperasi, serta Makassar, Banjarmasin, Banyumas, Surabaya, dan Bandung yang akan beroperasi kembali per 16 Januari 2022, setelah sempat terhenti.

Menurut Budi, Teman Bus cukup diminati masyarakat. Oleh sebab itu, ia memastikan, pemerintah terus melakukan pengembangan untuk mempertahankan tingkat pelayanan, kepastian, serta terjangkau atau murah bagi pengguna.

"Kendaraan BTS yang sudah kita lakukan ini sudah cukup bagus karena minat masyarakat ini cukup banyak sekali," ungkap dia.

Sementara itu, Direktur Angkutan Jalan Ditjen Hubdat Kemenhub Suharto menambahkan, pihaknya sudah mempersiapkan perangkat pendukung tiket nontunai (cashless) untuk layanan Teman Bus.

"Ke depannya adalah bagaimana kami akan memperbanyak jaringan angkutan umum untuk pelayanan BTS ini, termasuk saat ini kita sedang mempersiapkan adanya cashless," katanya.

Ia mengatakan, perangkat penunjang tiket nontunai itu, salah satunya mesin untuk mengisi ulang saldo yang nantinya digunakan sebagai alat pembayaran tiket.

Menurut Suharto, sistem itu sudah bisa diberlakukan pada Februari 2022 mendatang. Itu artinya, mulai bulan depan ada kemungkinan Teman Bus sudah tak lagi gratis.

"Jadi seandainya dalam waktu dekat bulan Februari ini sudah berbayar, maka kami akan memperbanyak alat top up dan sebagainya. Kami akan bekerja sama dengan pihak perbankan untuk nantinya bisa memberikan alat-alat untuk tap cash ini," pungkas Suharto.

https://money.kompas.com/read/2022/01/15/204500926/kemenhub-sebut-layanan-teman-bus-sebentar-lagi-jadi-berbayar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke