Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apa Itu Profit dan Kenapa Profit Penting untuk Bisnis?

KOMPAS.com - Profit adalah sesuatu yang banyak dicari pengusaha, pedagang, hingga investor. Lantas, apa itu profit dan kenapa profit sangat penting dalam bisnis?

Setiap bisnis tentu bertujuan untuk mendapatkan profit. Perolehan profit yang besar pada laporan keuangan suatu perusahaan, mengindikasikan bisnis tersebut berjalan dengan baik.

Intinya, profit sangat penting untuk pertumbuhan dan kemakmuran perusahaan yang berkelanjutan. Sebab, profit adalah tolak ukur dari suatu bisnis. 

Apa itu profit?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indnesia, arti profit adalah untung, keuntungan, atau manfaat. Dalam istilah lainnya, orifit juga kerap disebut sebagai laba.

Mengutip situs Indeed, arti profit adalah pendapatan yang tersisa atau keuntungan setelah pendapatan dikurangi semua pengeluaran dan biaya-biaya seperti pajak.

Seoragn pemilik bisnis dapat menyimpan profitnya atau menginvestasikannya kembali ke dalam perusahaan untuk mendorong pertumbuhan dan menciptakan lebih banyak profit

Dalam usaha kecil, profit biasanya langsung dikantongi pemilik perusahaan. Namun, pada perusahaan publik, perusahaan wajib membayar keuntungan kepada pemegang saham dalam bentuk dividen.

Jenis-jenis profit

Dalam laporan laba rugi, umumnya perusahaan mencantumkan tiga jenis profit utama. Setiap jenis profit memberikan pemimpin perusahaan dan pemangku kepentingan lainnya mengetahui keadaan perusahaan.

Berikut ini akan menjelaskan definisi dari jenis-jenis profit.

1. Gross profit atau laba kotor

Gross profit adalah jenis profit pertama yang tercantum pada laporan laba rugi dan seringkali menjadi angka yang paling tinggi dari lainnya.

Pasalnya, penghitungan gross profit adalah pendapatan perusahaan dikurangi dengan harga pokok penjualan atau harga pokok prduksi (HPP). HPP adalah jumlah pengeluaran dan beban yang dikeluarkan secara langsung maupun tidak langsung untuk menghasilkan produk atau jasa.

Gross profit akan membantu peusahaan untuk melihat total uang yang telah dihasilkan dari bisnis tertentu. Tentunya setelah memperhitungkan biaya langsung yang terkait dengan pembuatan produk atau layanan.

2. Operating profit atau laba operasional

Operating profit adalah keuntungan dengan menghitung biaya operasonal. Biasanya letak laba operasional berada di bawah laba kotor di laporan laba rugi.

Operating profit dapat membantu perusahaan untuk mengevaluasi bagaimana biaya langsung seperti tenaga kerja dan mesin serta biaya tidak langsung seperti sewa gedung dapat mengurangi profit perusahaan.

Untuk menghitung operating profit adalah dengan mengurangi biaya operasional dari gross profit.

3. Net profit atau laba bersih

Net profit adalah penghitungan laba akhir pada laporan laba rugi atau biasa dikenal sebagai bottom line. Cara menghitungnya, laba operasi dikurangi pajak dan biaya bunga.

Dengan demikian, net profit adalah sisa pendapatan setelah memperhitungkan setiap pengeluaran bisnis, termasuk pajak dan bunga.

Intinya, net profit menunjukkan seberapa sehat suatu bisnis dengan menunjukkan berapa banyak pendapatan yang tersisa setelah membauat semua pengeluaran dan biaya.

Perusahaan dapat menggunakan gross profit, operating profit, dan net profit untuk menghitung margin profit atau seberapa efektif perusahaan menggunakan profitnya.

Raio profit margin yang tinggi menunjukkan keuntungan yang banyak, sedangkan rasio profit margin yang rendah dapat menunjukkan keuntungan yang sedikit.

Investor dapat menggunakan profit margin untuk membandingkan nilai perusahaan yang memiliki ukuran yang berbeda.

Misalnya, bisnis besar mungkin memiliki profit yang lebih tinggi dari binsis kecil. Tapi bisnis besar mungkin memiliki profit margin yang rendah, artinya bisnis kecil yang lebih efisien mungkin merupakan investasi yang lebih baik.

Kenapa profit penting dalam bisnis?

Dari penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa profit adalah hal yang penting dalam menjalankan bisnis. Bahkan, mendapatkan profit sebanyak-banyaknya menjadi tujuan utama perusahaan.

Selain itu, profit adalah modal yang dapat digunakan perusahaan untuk berbagai tujuan, seperti memelihara tempat kerja atau peralatan, mengganti atau meningkatkan kendaraan, dan berinvestasi dalam produk, layanan, dan karyawan baru.

Dengan mengantongi profit yang tinggi, perusahaan dapat berharap bisnisnya bisa terus berkembang.

Demikian penjelasan dari arti profit adalah laba atau keuntungan dalam bisnis. Profit penting bagi bisnis karena profit bisa dijadikan modal usaha dan tolak ukur keberhasilan sebuah bisnis.

https://money.kompas.com/read/2022/01/17/151000726/apa-itu-profit-dan-kenapa-profit-penting-untuk-bisnis-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke