Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kerap Jadi Syarat Kelulusan, Apa Itu Magang?

KOMPAS.com - Magang adalah program wajib bagi sebagian besar mahasiswa untuk bisa lulus dari pendidikannya. Lalu, apa itu magang?

Beberapa tahun belakangan, portal pencari kerja banyak ditemukan lowongan untuk pekerja magang di berbagai bidang pekerjaan. Misalnya, di bidang personalia, keuangan, administrasi, hingga IT.

Umumnya, kriteria utama yang dibutuhkan untuk posisi magang adalah harus berstatus pelajar aktif di kampus atau sekolah. Sebab, perguruan tinggi saat ini menjadikan magang sebagai program yang wajib diikuti mahasiswanya.

Seorang mahasiswa yang berpengalaman magang dianggap akan lebih mudah mencari pekerjaan ketika sudah lulus kuliah. Pasalnya, mahasiswa akan dapat pembelajaran yang nyata di tempat magangnya.

Perusahaan juga memiliki kebijakan masing-masing dalam menentukan waktu magang, biasanya kurang dari satu tahun. Selain itu, pekerja magang juga bisa mendapatkan upah selama masa magangnya.

Membaca informasi di atas membuat bertanya-tanya, apa itu magang dan apa saja tujuan serta manfaatnya?

Apa itu magang?

Menurut buku Belajar Sambil Bekerja Dan Bekerja Sambil Belajar oleh Muhammad Firdaus dan ‎Frida Chairunisa, apa itu magang adalah bentuk pembelajaran di tempat kerja.

Magang memberikan kesempatan kepada seorang pegawai baru atau pelajar untuk mengembangkan kompetensi dalam kurum waktu tertentu pada pekerjaan nyata dan didampingi oleh pekerja yang mahir pada pekerjaan tersebut.

Biasanya selama magang, peserta magang perlu untuk membuat laporan magang untuk mendokumentasikan apa saja yang dipelajari selama proses magang. Begitupun dengan pekerja yang mendampingi pekerja magang membuat evaluasi pendamping.

Menurut Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan, magang adalah bagian dari sistem pelatihan kerja yang diselenggarakan secara terpadu antara pelatihan di lembaga pelatihan dengan bekerja secara langsung di bawah bimbingan dan pengawasan instruktur atau pekerja/buruh yang lebih berpengalaman, dalam proses produksi barang dan/atau jasa di perusahaan, dalam rangka menguasai keterampilan atau keahlian tertentu.

Umumnya, program magang dilaksanakan berdasarkan perjanjian antara pekerja magang dan pengusaha yang dibuat secara tertulis. Perjanjian memuat ketentuan hak dan kewajiban pekerja magang dan perusahaan.

Tanpa perjanjian tersebut, maka program magang yang diselenggarakan dianggap tidak sah dan status peserta magang berubah menjadi pekerja perusahaan yang bersangkutan.

Dengan kata lain, apa itu magang adalah ajang untuk mengenali minat dan bakat diri sebelum melamar pekerjaan yang diinginkan.

Magang juga bisa mengubah minat yang dimiliki menjadi aksi nyata yang akan membawa pengalaman di dunia kerja.

Tujuan magang

Program magang yang saat ini banyak diwajibkan berbagai perguruan tinggi, tentu memiliki beragam tujuan yang ingin dicapai. Beberapa tujuan magang adalah:

  • Mengembangkan pengetahuan peserta magang mengenai teori da prinsip yang mendasari tugas atau pekerjaan.
  • Mengembangkan sikap dan perilaku kerja yang sesuai dengan posisi yang dikerjakan.
  • Membuat peserta magang untuk belajar memecahkan masalah sendiri dan mengambil keputusan sekaligus mempertanggungjawabkannya.

Bagi mayoritas pekerja magang, tujuan magang adalah untuk mendapatkan nilai praktik kerja yang diperlukan sebagai syarat untuk lulus kuliah atau sekolah.

Manfaat magang

Selain memiliki tujuan, program magang juga memberikan banyak manfaat baik kepada peserta magangnya maupun perusahaan yang membuka lowongan magang.

Dikutip dari buku Perencanaan, Pelaksanaan, Penulisan Laporan Pemagangan oleh Rosa Nikmatul Fajri, manfaat magang adalah:

  • Proses magang akan menghasilkan individu sesuai yang diharapkan perusahaan.
  • Apa itu magang dapat dijadikan acuan untuk memilai karir yang sesungguhnya setelah pekerja magang lulus dari pendidikannya.
  • Pekerja magang paham akan tugasnya yang sesuai dengan pekerjaan yang bersangkutan sehinga mudah menyesuaikan diri dengan pekerjaan tesebut.
  • Pekerja magang juga dapat dengan mudah menyesuaikan diri dengan budaya yang ada di dalam dunia kerja.

Selain itu, manfaat yang didapatkan dalam proses magang adalah relasi kerja yang bisa bermanfaat saat ingin memulai karirnya di bidang yang sama atau mendapatkan informasi magang lainnya.

Demikian jawaban dari pertanyaanapa itu magang dan apa saja tujuan serta manfaatnya. Magang adalah program bekerja dengan perjanjian waktu tertentu yang ditujukan untuk pelajar.

https://money.kompas.com/read/2022/01/18/050800426/kerap-jadi-syarat-kelulusan-apa-itu-magang-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke