Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menteri PPN: Pemindahan Ibu Kota Negara Tidak seperti Lampu Aladdin...

Hal tersebut ia sampaikan dalam rapat dengan Panitia Khusus (Pansus) DPR RI yang membahas rancangan undang-undang IKN di Gedung Parlemen, Jakarta, pada Senin (17/1/2022).

"Tentu pelaksanaan pembangunan dan pemindahan ibu kota negara tidak seperti lampu Aladdin, tetapi dilakukan secara bertahap dan dalam rangka mewujudkan visi jangka panjang Indonesia 2045," kata dia yang ditayangkan secara virtual melalui YouTube Parlemen Channel, dikutip pada Selasa (18/1/2022).

Presiden Joko Widodo telah memberikan restu nama IKN baru menjadi Ibu Kota Negara Nusantara. Menurut Suharso, Ibu Kota Negara Nusantara menjadi langkah Indonesia menjawab tantangan masa depan dalam membangun peradaban baru yang berkelanjutan, transformatif, mencerminkan kepribadian bangsa, dan mampu bersaing secara global.

Adapun nama pemilihan Nusantara, lanjut Suharso, menggambarkan sebagai konsep aktualisasi atas wilayah geografi Indonesia dengan konstituen antarpulau yang disatukan oleh lautan. Ditambah lagi, beragam budaya yang dimiliki oleh Indonesia.

Maka, atas dasar itulah, pemerintah menamakan IKN tersebut dengan Nusantara. "Tebersit di dalamnya kemajemukan geografis dan budaya maka Nusantara adalah konsep kesatuan yang mengakomodasi kekayaan kemajemukan Indonesia. Dengan nama Nusantara, ibu kota kesatuan Republik Indonesia merepresentasikan realitas tersebut," jelasnya.

"Realitas kekayaan kemajemukan Indonesia itu menjadi modal sosial untuk memajukan kesejahteraan rakyat yang berkeadilan untuk menuju bangsa Indonesia maju, tangguh, dan berkelanjutan," lanjut menteri dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini.

Menurut Suharso, ada 80 calon nama IKN yang diajukan ke Kepala Negara. Pada akhirnya, Presiden memilih Nusantara sebagai nama untuk IKN tersebut. Suharso bilang, pengajuan nama IKN ini telah meminta pertimbangan dari ahli bahasa dan ahli sejarah.

https://money.kompas.com/read/2022/01/18/080200326/menteri-ppn-pemindahan-ibu-kota-negara-tidak-seperti-lampu-aladdin

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke