Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tahun Ini, Isi Saldo Kartu Multi Trip Bisa lewat Aplikasi KRL Access

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan, KAI Commuter akan terus mengembangkan KMT untuk mendorong masyarakat menggunakannya sebagai kartu bertransportasi.

"KMT saat ini dapat digunakan untuk membayar parkir di stasiun-stasiun KRL. Selain itu KMT juga dapat digunakan untuk naik Kereta Bandara Soekarno – Hatta," kata Anne dalam siaran pers, Jakarta, Rabu (19/1/2022).

"Dan, mulai Oktober 2021 KMT sedang diuji coba sebagai tiket untuk moda transportasi lain yaitu pada Trans Jakarta, MRT Jakarta, dan LRT Jakarta," sambungnya.

KAI Commuter mengungkapkan bahwa isi saldo Kartu Multi Trip (KMT) melalui aplikasi KRL Access merupakan bagian dari modernisasi dan digitalisasi layanan transaksi tiket elektronik (e-ticketing).

Penambahan jumlah gate elektronik rutin dilakukan seiring perkembangan layout dan luasan stasiun untuk mengakomodir tambahan jumlah pengguna. Selain menggunakan kartu, sistem e-ticketing KAI Commuter juga dapat membaca tiket dengan sistem kode QR.

Sepanjang 2021, terdapat 41 stasiun yang menjadi stasiun khusus uang elektronik. Dengan demikian, total saat ini ada 50 Stasiun yang khusus hanya melayani transaksi dengan KMT dan kartu uang elektronik dari bank yang telah bekerja sama dengan KAI Commuter.

Selain modernisasi dan peningkatan layanan di Jabodetabek, KAI Commuter juga diberikan penugasan oleh KAI sebagai induk usaha untuk mengoperasikan layanan KA Lokal dan operasional KRL Yogyakarta-Solo.

Melalui penugasan tersebut, jangkauan operasional KAI Commuter pun bertambah luas. Dari yang sebelumnya hanya melayani wilayah Jabodetabek dengan 80 stasiun, saat ini KAI Commuter melayani 105 stasiun yang tersebar di wilayah Rangkasbitung hingga Merak dan Kutoarjo hingga Solo Balapan.

https://money.kompas.com/read/2022/01/19/133000126/tahun-ini-isi-saldo-kartu-multi-trip-bisa-lewat-aplikasi-krl-access

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke