Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bangun Ibu Kota Baru 'Nusantara', Kominfo Siapkan Infrastruktur Telekomunikasi 5G

Juru Bicara Kementerian Kominfo Dedy Permadi mengatakan, pihaknya akan melakukan pembangunan infrastruktur layanan telekomunikasi untuk mendukung konektifitas dan implementasi sistem smart city atau kota cerdas di IKN baru, Nusantara.

Menurutnya, saat ini Kementerian Kominfo tengah melaksanakan pemetaan kebutuhan kapasitas jaringan backbone maupun jaringan akses/lastmile di IKN baru. Terdiri dari infrastruktur penunjang perangkat aktif dan perangkat pasif untuk implementasi layanan fixed broadband dan mobile broadband.

"Kami telah menyelesaikan desain infrastruktur jaringan telekomunikasi di IKN baru berdasarkan masterplan Bapppenas sesuai hasil koordinasi dengan pihak terkait, dalam rangka penyiapan layanan telekomunikasi menggunakan teknologi 5G untuk mendukung layanan publik dan penerapan smart city di IKN baru," ujar Dedy dalam keterangannya, Kamis (20/1/2022).

5G untuk smart city IKN baru

Ia menjelaskan, pemanfaatan teknologi 5G pada IKN baru diharapkan mampu mengatasi kendala sistem smart city berupa latency atau tertundanya layanan telekomunikasi yang berpotensi terjadi pada saat menggunakan teknologi 4G.

Maka dengan 5G penerapan sistem smart city pada IKN baru pun dapat berlangsung dengan prima.


Palapa Ring

Selain itu, Kementerian Kominfo melalui Bakti Kominfo juga akan membangun Palapa Ring integrasi di tahun 2022-2024 untuk menunjang konektivitas internet di ragam wilayah Indonesia, termasuk di IKN baru.

Hal itu akan dilakukan dengan menghubungkan jalur existing Palapa Ring tengah ke titik IKN baru melalui jalur kota Balikpapan.

Rencana proyek kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU) untuk Palapa Ring integrasi telah berlanjut ke tahap rencana skema pembiayaan.

"Kementerian Kominfo siap melakukan langkah-langkah strategis untuk mengoptimalkan pembangunan infrastruktur telekomunikasi dan adopsi teknologi digital dalam menyambut IKN baru, mewujudkan visi Indonesia 2045, kota dunia untuk semua," pungkas Dedy.

https://money.kompas.com/read/2022/01/20/160230226/bangun-ibu-kota-baru-nusantara-kominfo-siapkan-infrastruktur-telekomunikasi-5g

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke