Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kemenperin Dorong Pabrik Gula Terintegrasi dengan Penanaman Tebu

"Investasi untuk pengembangan gula, kalau gula rafinasi ini sudah tidak ada lagi. Yang sekarang sedang didorong adalah pengembangan pabrik gula terintegrasi dengan penanaman tebu. Kalau sekarang masih dalam proses ada di Sumba Timur, hampir Rp 4 triliun sudah realisasi," jelasnya di Jakarta, Kamis (20/1/2022).

"Ke depan, akan nambah Rp 5,4 triliun lagi. Demikian juga ada beberapa perusahaan industri yang berminat untuk melakukan investasi baik untuk hasilnya sebagai gula maupun hasilnya sebagai energi, maupun etanol, dan bio gas," lanjut Putu.

Pabrik gula yang gencar dibangun ini akan mampu memenuhi kebutuhan gula konsumsi masyarakat. Saat ini, produksi gula konsumsi rumah tangga dalam negeri masih minim.

"Produksi gula ya, gula dari tebu, lebih untuk konsumsi. Karena dari konsumsi saja untuk kebutuhan masyarakat, kita baru bisa memproduksi sekitar 2,2 juta ton per tahun. Ini pun masih ada kebutuhan yang masih dipasok dari bahan baku raw sugar sedikit," ujarnya.

Beberapa waktu lalu, Ekonom senior Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Bustanul Arifin menyatakan perlunya terobosan pada industri gula nasional guna mengatasi persoalan yang selama ini dihadapi industri tersebut.

Menurut dia, persoalan pada industri gula terjadi baik di level hulu maupun hilir.

Pada sisi hulu, usaha tani tebu tidak efisien karena produktivitas yang rendah. Di sisi lain juga terjadi persaingan dengan komoditas pangan lain yang juga menjadi konsentrasi pemerintah.

Namun di sisi lain, industri makanan dan minuman dalam negeri terus berkembang pesat, katanya, sehingga hal itu mau tidak mau meningkatkan kebutuhan gula yang jalan keluarnya dipenuhi melalui impor gula, termasuk gula rafinasi.

"Salah satu terobosan yang harus segera dilakukan dengan berinvestasi pada penelitian dan pengembangan pabrik gula. Meliputi perbaikan sistem perbenihan dan pembibitan, bongkar ratoon, serta penyuluhan petani tebu yang lebih tersistematis," katanya.

https://money.kompas.com/read/2022/01/20/190900726/kemenperin-dorong-pabrik-gula-terintegrasi-dengan-penanaman-tebu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke