Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Contoh Surat Resign dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris

KOMPAS.com - Resignation letter (surat pengunduran diri) diperlukan saat ingin mengajukan pengunduran diri dari pekerjaan. Seperti apa contoh surat resign kerja yang baik dan benar?

Resign kerja bisa menjadi pilihan yang tepat, jika ada masalah yang mengganggu produktivitas di pekerjaan yang sekarang atau mendapatkan tawaran kerja baru yang lebih baik.

Setiap perusahaan memiliki peraturan masing-masing untuk menyikapi karyawan resign. Tapi sudah menjadi hal yang wajib saat mengundurkan diri harus menyertakan surat resign.

Karyawan harus membuat resignation letter yang baik dan sopan tetapi juga sesuai dengan tujuannya mengajukan resign. Hal ini agar citra karyawan tetap dinilai baik oleh perusahaan hingga akhir masa kerjanya.

Pasalnya, mengundurkan diri merupakan hal yang sensitif di sebagian besar perusahaan sehingga surat resign yang disampaikan dengan benar akan membuat karyawan terlihat profesional pada perusahaan.

Lantas, apa itu surat resign? Bagaimana contoh surat resign kerja yang baik dan benar? Simak penjelasan berikut ini.

Pengertian surat resign

Surat mengundurkan diri (resignation letter) adalah surat yang dibuat untuk menyatakan pengunduran diri seorang karyawan yang ditujukan untuk perusahaan. Sebab, jika pengunduran diri hanya diutarakan dengan lisan maka terlihat tidak resmi dan tidak sopan.

Mengutip buku Segera Resign & Alih Profesi oleh Sri Masiang, surat resign dibuat untuk berkas dokumentasi perusahaan.

Umumnya, isi surat resign hanya berupa pemberitahuan secara formal terkat pengunduran diri karyawan, ucapan terima kasih, dan sedikit menyinggung alasan pengunduran diri disertai dengan harapan dan kesejahteraan kantor di masa selanjutnya.

Meski terkesan mudah, tapi surat resign harus tetap mengikuti prinsip-prinsip yang berlaku umum dalam penulisan surat formal. Oleh karenanya, tulisan kali ini membahas bagaimana contoh surat resign yang baik dan benar.

Adapun pola resignation letter secara umum sebagai berikut:

  • Tempat dan tanggal surat dibuat.
  • Perihal.
  • Ditujukan kepada siapa.
  • Salam pembuka.
  • Isi surat yang berisikan nama karyawan, jabatan, periode bekerja, dan alasan pengunduran diri.
  • Ucapan terima kasih dan harapan karyawan kepada perusahaan.
  • Salam penutup.
  • Tanda tangan dan nama penulis.

Contoh surat resign kerja

Setelah mengetahui pengertian dan pentingnya resignation letter, tentu bisa menulis surat resign dengan baik dan benar. Berikut beberapa contoh surat resign kerja yang bisa dijadikan referensi:

1. Contoh surat resign kerja resmi

Jakarta, 1 Oktober 2019

Kepada Yth.
HRD PT Damai Sejahtera
Di tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini,
Nama:
Departemen:
Jabatan:
No. Induk Karyawan:
Periode kerja:

Menyatakan dengan sebenarnya saya mengundurkan diri dari PT Damai Sejahtera sebagai pegawai terhitung sejak tanggal 1 November 2019 dengan alasan mendapatkan tawaran kerja yang lebih baik.

Surat ini diajukan berdasarkan ketentuan dan kontrak kerja yang tertulis pada kontrak kerja yang telah disepakati bersama antara karyawan dan perusahaan.

Surat ini juga dibuat berdasarkan undang-undang kerja dan sesuai dengan prosedur hubungan industrial PT Damai Sejahtera tanpa ada tendensi apapun.

Demikian surat ini saya buat dan serahkan dengan sebenar-benarnya dan tanpa paksaan siapa pun. Semoga perusahaan bisa segera mendapatkan karyawan baru untuk menempati posisi yang saya tinggalkan. Terima kasih.

Hormat Saya,

Nama lengkap

2. Contoh surat resign kerja semi formal

Jakarta, 1 Oktober 2019

Kepada Yth.
HRD PT Damai Sejahtera
Di tempat

Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya Nama Lengkap bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri dari PT Damai Sejahtera dengan posisi sebagai Nama Posisi. Dengan alasan ingin melanjutkan bisnis keluarga.

Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk bekerja di PT Damai Sejahtera selama 2 tahun. Saya juga memohon maaf kepada seluruh karyawan dan manajemen PT Damai Sejahtera, apabila terjadi kesalahan yang telah saya lakukan selama bekerja.

Demikian surat ini saya sampaikan, atas perhatian dan tanggapan yang diberikan saya mengucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,

Nama lengkap

3. Contoh surat resign kerja formal

Jakarta, 1 Oktober 2019

Kepada Yth.
Pimpinan
PT Damai Sejahtera
Bandung

Yang bertandatangan di bawah ini:
Nama:
Alamat:
Jabatan:
No. Induk Karyawan:

Bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri dari jabatan Saya di PT Damai Sejahtera. Terhitung tanggal 1 November 2019 bersamaan dengan kontrak yang telah berakhir.

Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk bekerja di PT Damai Sejahtera selama ini. Selain itu, saya juga ingin mengucapkan banyak terima kasih pada rekan-rekan kerja atas kerja samanya selama ini.

Saya juga memohon maaf kepada seluruh karyawan dan manajemen PT Damai Sejahtera, apabila terjadi kesalahan yang telah saya lakukan selama bekerja.

Demikian surat ini saya sampaikan, atas perhatian dan tanggapan yang diberikan saya mengucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,

Nama Lengkap

4. Contoh surat resign kerja (resignation letter) dalam Bahasa Inggris

October 8th, 2019

Nama Pimpinan
HRD PT Damai Sejahtera
Alamat kantor

Dear Sir/Madam,

It greatly saddens me to send you this letter of resignation. Effective the end of this month, I no longer will be working at PT Damai Sejahtera as a Chemical Support Tecgnician.

I will be resigning due to a number of worsening health complications for some time and feel it would be best to focus on recovery. Unfortunately, it has become clear that I am unable to meet my duties and expectations as Chemical Support Technician. It is therefore in the best interest of all parties that I resign.

I have been fortunate to be given the fantastic opportunities to grow and make lifelong friends during my time at PT Damai Sejahtera. Thank you so much for your guidance and support during my tenure.

Although I no longer can do the work I once could, I hope to remain a resource and that we will stay in touch. Thank you so much for all opportunities, and I wish everyone at PT Damai Sejahtera the very best and your company always growing.

Sincerely,

 

Nama Karyawan

Demikian pengertian resignation letter yang dibutuhkan untuk mengundurkan diri dari pekerjaan, sekaligus contoh surat resign kerja yang baik dan benar dengan Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris.

https://money.kompas.com/read/2022/01/21/124000126/contoh-surat-resign-dalam-bahasa-indonesia-dan-bahasa-inggris

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke