Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Alasan Alfamart Batasi Pembelian Minyak Goreng Rp 14.000 Per Liter

Corporate Communication GM Alfamart Nur Rachman mengungkapkan pembatasan penjualan minyak goreng Rp 14.000 tersebut bukan tanpa alasan.

"Ini kami lakukan agar lebih banyak konsumen lain yang bisa mendapatkan minyak goreng," kata Nur Rachman, Jumat (21/1/2022).

Saat ini, pembelian minyak goreng Rp 14.000 per liter di Alfamart masih tinggi. Oleh karena itu, Alfamart membatasi pembelian minyak goreng untuk kemasan 1 liter maksimal 2 pieces dan kemasan 2 liter maksimal 1 pieces.

Meski begitu, Rachman mengatakan setelah jumlah permintaan dan persediaan sudah normal kembali, pihaknya tidak akan membatasi jumlah pembelian.

"Intinya ini bukan program promo yang hanya beberapa waktu, jadi konsumen tidak perlu khawatir untuk mendapat minyak goreng Rp 14.000 per liter ini. Jika permintaan dan persediaan sudah normal kembali, pasti tidak akan kami batasi," kata dia.

Antre beli minyak goreng

Program subsidi pemerintah terhadap minyak goreng disambut masyarakat dengan berbondong-bondong membeli minyak goreng Rp 14.000 per liter.

Di salah satu Alfamart di Kemanggisan, Jakarta Barat, masyarakat bahkan antre membeli minyak goreng murah tersebut.

"Kemarin enggak dapat karena saya telat tahunya, makanya sekarang langsung ke sini (Alfamart) takut habis," ujar Mita salah satu warga yang antre membeli minyak goreng di Alfamart tersebut, Jumat.

Mita mengaku tidak kecewa dengan pembatasan pembelian minyak goreng di Alfamart. Ia justru bersyukur harga minyak goreng bisa dibeli dengan harga Rp 14.000 per liter.

"Diturunin harganya saja ke Rp 14.000 lebih dari cukup, dari pada kayak kemarin Rp 23.000 sampai Rp 25.000 pernah saya dapat seliter," kata Mita.

Sebelumnya, pemerintah mulai menetapkan harga minyak goreng Rp 14.000 per liter pada Rabu (19/1/2022).

Awal pelaksanaan kebijakan harga minyak goreng satu harga dimulai dari ritel modern yang menjadi anggota Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo). Adapun untuk pasar tradisional, pihaknya menyebut diberikan waktu satu minggu.

Dana yang telah disiapkan yakni Rp 7,6 triliun yang akan dipakai untuk membiayai penyediaan minyak goreng kemasan bagi masyarajat sebesar 250 juta liter per bulan atau 1,5 miliar liter selama 6 bulan.

https://money.kompas.com/read/2022/01/21/145129326/ini-alasan-alfamart-batasi-pembelian-minyak-goreng-rp-14000-per-liter

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke