Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tinjau Kesiapan Operasional Tol Trans Sumatera, Menteri PUPR Minta Jalan yang Rusak Tuntas April Tahun Ini

Instruksi tersebut dilontarkan ketika ia meninjau ke Sumatera Selatan, dan melihat terdapat lubang atau retakan yang ada di ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung dan ruas Kayu Agung-Palembang-Betung.

Beberapa segmen jalan harus dilakukan rekondisi dan rekonstruksi, termasuk levelling oprit jembatan yang mengalami penurunan karena berada pada tanah lunak atau rawa.

"Saya minta perbaikan permanen bisa tuntas pada akhir April 2022 nanti. Saya mengingatkan kembali bahwa SPM wajib dipenuhi karena masyarakat sudah membayar tarif tol dan harus mendapatkan layanan yang baik," kata dia melalui siaran persnya, dikutip Sabtu (22/1/2022).

Ia pun menaruh perhatian pada beton pembatas jalan tol yang retak atau turun. 

Saat ini tengah dilakukan penanganan oleh BUJT, antara lain dengan perbaikan lapisan pengerasan baru, dicor kembali dengan beton fast setting, lapisan perkerasan dihampar menggunakan asphalt finisher dan dipadatkan, dan lapisan AC-WC baru dihampar dengan asphalt finisher dan dipadatkan.

Ruas Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung hingga Kramasan, Palembang sepanjang 360 kilometer merupakan lanjutan Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar yang sudah beroperasi sejak Maret 2019.

Pembangunan tol ini bertujuan untuk meningkatkan konektivitas antara Provinsi Lampung dengan Provinsi Sumatera Selatan dan dari Pelabuhan Bakauheni sebagai pintu masuk Pulau Sumatera.

Dalam tinjauannya tersebut, Basuki juga meminta kepada BUJT pengelola rest area (tempat peristirahatan sepanjang jalan tol) KM 234 A untuk memperbanyak penghijauan dengan pohon berukuran besar.


Sebelumnya, PT Hutama Karya (Persero) menargetkan empat ruas Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) beroperasi pada tahun ini. Keempat ruas JTTS tersebut yakni Tol Binjai-Stabat, Tol Taba Penanjung-Bengkulu, Tol Pekanbaru-Bangkinang, dan Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 2 Seulimeum-Jantho.

Untuk Tol Binjai-Stabat, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal meresmikan infrastruktur konektivitas tersebut pada 27 Januari 2022 atau 28 Januari 2022.

Lalu, Tol Taba Penanjung-Bengkulu dan Tol Pekanbaru-Bangkinang yang masing-masing akan beroperasi pada akhir Maret dan awal April 2022. Artinya, ketiga ruas JTTS baru tersebut dapat dilintasi untuk menyambut arus mudik maupun balik Lebaran 2022.

https://money.kompas.com/read/2022/01/22/123000326/tinjau-kesiapan-operasional-tol-trans-sumatera-menteri-pupr-minta-jalan-yang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke