Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menhub Minta Bandara Baru Bintan Rampung Akhir 2023

Hal itu disampaikannya saat meninjau ke proyek pembangunan Bandara Internasional Bintan Baru yang tengah dikerjakan pihak swasta yakni PT Bintan Aviation Investment, pada Senin (24/1/2022) kemarin.

"Kami berharap pihak manajemen dapat menyelesaikan pembangunan bandara baru ini paling tidak di akhir 2023,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (25/1/2022).

Budi Karya mengatakan, pihaknya menyambut baik adanya inisiatif dari sektor swasta untuk membangun bandara ini. Ia bilang, hal ini sesuai arahan Presiden Joko Widodo untuk melakukan pembangunan infrastruktur dengan skema kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU).

"Kami akan dukung dan memberikan petunjuk agar pembangunannya dilakukan sesuai dengan ketentuan, khususnya yang berkaitan dengan aspek keselamatan,” ucapnya.

Menurut mantan Direktur Utama Angkasa Pura II itu, keberadaan bandara baru di Bintan akan mendukung tumbuhnya sektor industri dan pariwisata yang dapat mendatangkan investasi.

Ia mengatakan, Bintan adalah satu pulau yang diperuntukkan untuk menarik investasi yang masif. Maka dengan hadirnya bandara baru ini, diharapkan dapat membuka konektivitas dari dan menuju Pulau Bintan, yang dapat mendatangkan investasi yang besar.

Budi Karya menyarankan, dalam pengembangan dan pengelolaan ke depannya, bandara ini mesti berkolaborasi dengan pelaku usaha bertaraf internasional yang memiliki kemampuan menggerakkan para wisatawan mancanegara untuk datang berwisata ke Bintan.

“Keberadaan bandara ini diharapkan menjadi kebanggaan masyarakat di Pulau Bintan, Kepri dan sekitarnya,” kata dia.

Sementara itu, Managing Director Bintan Aviation Investment, Michael Wudy menambahkan, pihaknya berinisiatif membangun bandara baru di Pulau Bintan sebagai pintu masuk pendorong pergerakan ekonomi, serta pengembangan sektor industri dan pariwisata.

“Dalam membangun kami akan tetap memperhatikan aturan-aturan yang ada dan mengutamakan aspek keselamatan,” ujar dia.

Sebagai informasi, PT Bintan Aviation Investment membangun proyek Bandara dan Aerospace Industry Park dengan luas lahan kawasan bandara 800 hektar dan kawasan industri 510 hektar di Pulau Bintan, Kepulauan Riau.

Kawasan bandara tersebut nantinya dapat berfungsi sebagai penerbangan umum, fasilitas pemeliharaan pesawat (MRO), dan pusat logistik.

Pembangunan Bandara Internasional Bintan Baru sudah berjalan sejak 2015. Saat ini pembangunan fase 1 sudah masuk tahap pemadatan tanah untuk runway sepanjang 3.000 meter.

https://money.kompas.com/read/2022/01/25/090500626/menhub-minta-bandara-baru-bintan-rampung-akhir-2023

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke