Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Luhut: Kita Tidak Boleh Anggap Enteng Omicron

"Berdasarkan pengamatan awal, Omicron berpotensi mudah menular, karena memiliki karakteristik immunity escape dari vaksin," ujarnya di acara Indonesia Economic Outlook 2022, Selasa (25/1/2022).

"Di sisi lain, sejauh ini gelaja yang ditunjukkan cenderung masih ringan. Namun, kita tidak boleh menganggap enteng ini (Omicron)," sambung Luhut.

Menurut Luhut, Omicron juga menimbulkan ketidakpastian bagi pertumbuhan ekonomi pada tahun ini. Oleh karena itu, penanganan kasus Omicron harus dilakukan dengan tepat.

Meksi begitu kata Luhut, pandemi Covid-19 telah memperlihatkan pentingnya reformasi sistem kesehatan nasional. Sebab sektor kesehatan di Indonesia dinilai masih minim dari segi kapasitas rumah sakit, produksi farmasi, alat kesehatan, dan tenaga kesehatan.

"Kita sempat menghadapi kesulitan untuk mendapatkan obat-obat penting ketika negara lain mendahulukan kepentingan domestik masing-masing. Sehingga sangatlah penting pemerintah fokus investasi di sektor kesehatan," kata Luhut

"Banyak negara kini juga turut fokus pada hal yang sama, karena mereka tidak mau terjebak dalam supremasi RRT dan India sebagai pusat produksi farmasi," sambungnya.

Selain Omicron, berbagai tantangan global juga masih menjadi tantangan bagi ekonomi Indonesia. Mulai dari tapering off The Fed, default dari properti Tiongkok, hingga ancaman perubahan iklim.

Koordinator Penanganan PPKM wilayah Jawa dan Bali ini bilang, pemulihan dan transformasi ekonomi harus dilakukan secara berdampingan dengan mempertimbangkan tantangan global yang makin besar.

"Ketika sedang menghadapi Covid-19, kita tidak dapat menghindari ketidakpastian. Kita hanya dapat menyiapkan iklim Indonesia agar dapat menghadapi berbagai tantangan ekonomi ini," ujarnya.

https://money.kompas.com/read/2022/01/25/140755626/luhut-kita-tidak-boleh-anggap-enteng-omicron

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke