Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menengok Penyebab Mengapa Minyak Goreng Murah Masih Susah Didapatkan di Ritel Modern

Langkah ini dilakukan agar seluruh masyarakat bisa mendapatkan minyak goreng dengan harga murah di tengah mahalnya harga minyak goreng, sehingga kebutuhan masyarakat akan minyak goreng terpenuhi.

Pendistribusian minyak goreng ini pun sudah dilakukan sejak seminggu yang lalu di ritel modern. Artinya, seluruh masyarakat sudah bisa mendapatkan minyak goreng murah di Alfamart, Indomaret, hingga Superindo.

Namun yang tidak disangka-sangka, seminggu program ini berjalan, masyarakat khususnya emak-emak masih ribut lantaran tidak kebagian minyak goreng murah karena habis.

Lalu sebenarnya apa sih yang menjadi penyebabnya? Apakah karena memang sengaja disimpan di gudang untuk ditumpuk atau memang karena stoknya yang sedikit?

Keluhan ini banyak dilontarkan oleh emak-emak yang sangat peka akan kebutuhan rumah tangga.

Di media sosial Facebook yang berisikan emak-emak Promo Alfamart & Indomaret, mengeluhkan sulitnya dapat minyak goreng murah lantaran stoknya habis.

"Belom pernah dapat minyak promo selama ada minyak murah. Ngomong GX ada stoc kosong dll," tulis pengguna facebook Nova Anggraini dalam postingannya, dikutip Kompas.com, Kamis (27/1/2022).

Hal serupa juga dialami emak-emak lain. Pengguna Facebook Dian Yesaku mengaku kesulitan mendapatkan minyak di ritel Alfamart.

Lalu Kompas.com pun mencoba untuk menggali informasi seputar penyebabnya, mulai dari Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) buka suara, ritel Alfamart bahkan ke pemerintah sendiri.


Tanggapan Aprindo

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Roy Nicholas Mandey mengatakan, kelangkaan minyak goreng di ritel modern bukan tanggung jawab Aprindo melainkan pihak distributor.

Dia menyebut Aprindo hanya penyedia tempat untuk distribusi bukan pemasok.

"Masalahnya bukan di ritel, karena ritel enggak bisa produksi minyak. Masalahnya itu di pasokan para distributor," kata Roy saat dihubungi Kompas.com, Kamis (27/1/2022).

Dia menilai pihak distributor dan produsen tidak menjalankan komitmennya dalam mendukung program pemerintah, sehingga pasokan ke ritel menjadi terbatas.

"Distributor dan produsen ini tidak komit terhadap program pemerintah. Kalau Aprindo kan sudah komit," ungkap dia.

Tanggapan Alfamart

Sementara itu, Corporate Communication GM PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfmart) Nur Rachman mengaku, memang semua ritel sedang kekurangan stok.

"Semua ritel kekurangan stok, semua ritel sama case," ujarnya.

Menurut dia hal tersebut terjadi lantaran pasokan yang lambat dari produsen minyak goreng. "Intinya semua ritel memang sedang kekurangan, kita kewalahan," tegas Nur Rachman.

Tanggapan Kemendag

Kemendag pun buka suara terkait hal ini.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag) Oke Nurwan mengatakan, habisnya stok minyak goreng di ritel modern lantaran pasokan dari distributornya yang terhambat.

Oke menuturkan, hal ini tidak akan terjadi jika pasokan terus berdatangan dari pihak produsen.

"Ini masalahnya ada di pasokan. Produsennya belum siap memproduksi minyak goreng," kata Oke.

Oleh sebab itu dikatakan Oke, pihaknya akan terus mendorong produsen minyak goreng untuk terus menggenjot produksinya.

Diharapkan dengan begitu masyarakat bisa memperoleh minyak goreng dengan harga yang murah.

"Tapi ini kita sedang dorong terus supaya segera memasok baik ke ritel maupun pasar yang belum kedapatan distribusi minyak goreng murah," kata Oke.

https://money.kompas.com/read/2022/01/28/053447226/menengok-penyebab-mengapa-minyak-goreng-murah-masih-susah-didapatkan-di-ritel

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke