Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Indonesia Siap Sampaikan Komitmen Jadi Pusat Produksi Vaksin Global di Pertemuan G20

Staf Ahli Menteri Keuangan Bidang Ekonomi Makro dan Keuangan Internasional Wempi Saputra mengatakan, komitmen Indonesia menjadi sentra vaksin akan dibahas dalam working group G20 oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

"Kira-kira Indonesia siap enggak? Siap. (Tapi) Kesepakatan belum. Nah itu yang akan didorong. Bahasannya adalah manufacturing hub untuk vaksin. Jadi intinya bahwa kita siap menjadi hub produsen vaksin," kata Wempi dalam diskusi media di Jakarta, Jumat (28/1/2022).

Wempi menuturkan, kekayaan Indonesia bisa melonjak mencapai Rp 1.000 triliun jika menjadi sentra produksi vaksin. Bukan hanya vaksin Covid-19, Indonesia siap menjadi sentra vaksin polio hingga demam kuning.

Apalagi saat ini, vaksin polio produksi PT Bio Farma bernama novel Oral Polio Vaccine type 2 (nOPV2), termasuk yang paling maju dan sudah dipesan oleh Unicef.

"Kalau jadi produsen vaksin, bayangkan kekayaannya naik berapa suatu negara? Bisa lebih dari Rp 1.000 Triliun vaksin ini. Dan vaksin ini bukan hanya Covid-19 kan, ada polio, ada flu kuning, ada lain lain. Vaksin semuanya itu," ucap Wempi.

Dia lantas mengkalkulasi potensi pemasukan negara dari sentra vaksin secara sederhana. Bila harga satu dosis vaksin Rp 5 dollar AS dikali 80 persen dari 7 miliar dosis dan dikali 2 (dosis lengkap), maka potensinya mencapai 56 miliar dollar AS.

Potensi peningkatan itu baru berupa produk vaksin. Sementara di bidang kesehatan, masih ada potensi dari therapeutic (perawatan) dan diagnostik seperti tes PCR yang kini sangat masif digunakan di seluruh dunia.

Adapun untuk menjadi sentra vaksin, pemerintah bakal bekerja sama dengan perusahaan vaksin global yang diakui oleh Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO).

"Investasi di Indonesia siapa enggak? siap. kita cuma butuh manufacturing hub, karena belum tentu kita bisa diakui sama WHO. Kita harus kerja sama yang punya standar global," kata Wempi.

https://money.kompas.com/read/2022/01/28/191332326/indonesia-siap-sampaikan-komitmen-jadi-pusat-produksi-vaksin-global-di

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke