Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Penting untuk Melamar Kerja Selain CV, Ini Contoh Cover Letter Bahasa Indonesia

KOMPAS.com - Cover letter adalah surat pengantar lamaran pekerjaan. Bagaimana cara membuat dan contoh cover letter Bahasa Indonesia yang baik dan benar?

Cover letter seringkali diabaikan pelamar kerja karena dianggap hanya dibaca sekilas oleh perusahaan. Padahal cover letter adalah yang pertama kali dibaca oleh perusahaan.

Jadi meskipun desain curriculum vitae (CV) pelamar kerja dibuat menarik dan unik, tetap tidak dilirik oleh perusahaan jika cover letter yang dibuat asal-asalan.

Untuk bisa menulis cover letter yang baik, pelamar kerja biasanya mencari referensi contoh cover letter di Internet. Salah satu yang paling banyak dicari adalah contoh cover letter Bahasa Indonesia.

Apa itu cover letter?

Cover letter adalah surat pengantar yang dikirimkan bersamaan dengan surat lamaran kerja dan CV.

Sebagai surat pengantar, umumnya cover letter diletakkan di bagian paling depan dari lamaran pekerjaan dan hanya sepanjang 1 halaman saja.

Oleh kareanya, cara penulisan yang baik dan benar dari sebuah cover letter adalah ringkas, jelas, dan tersusun rapi.

Sama seperti CV, banyak aplikasi maupun website yang menyediakan desain contoh cover letter agar terkesan tidak terlalu monoton. Tetapi usahakan agar desain cover letter tetap profesional.

Pasalnya, fungsi dari cover letter adalah bisa membujuk perusahaan untuk membaca CV yang dikirimkan dan memanggil pelamar kerja untuk wawancara kerja.

Mengutip buku Sukses dapat Kerja Jalur Online oleh Aresto YS, berikut fungsi dari cover letter adalah:

Bagaimana cara membuat dan contoh cover letter Bahasa Indonesia yang baik dan benar?

Dalam membuat cover letter yang baik dan benar, pelamar kerja harus menyertakan beberapa informasi ke dalam sebuah cover letter.

Informasi yang harus ada pada cover letter adalah nama lengkap, alasan melamar pekerjaan, dan pengalaman kerja atau keterampilan yang relevan dengan posisi yang dilamar.

Pada badan cover letter, tuliskan apa saja kemampuan dirimu yang paling menonjol dan sesuai dengan posisi yang dilamar. Pelamar kerja tidak perlu menuliskan informasi pribadi yang terlalu detail seperti yang ada di CV.

Kemudian akhir dari cover letter adalah dituliskan pernyataan yang jelas terkait harapan pelamar kerja untuk dipanggil mengikuti seleksi rekrutmen pekerjaan.

Contoh cover letter Bahasa Indonesia

Jika sudah memahami cover letter adalah elemen penting dalam melamar kerja, simak contoh cover letter Bahasa Indonesia berikut ini untuk menjadi bahan referensi Anda.

1. Contoh cover letter Bahasa Indonesia formal

Kepada Yth.,
Bpk/Ibu Personalia
PT Sejahtera

Dengan hormat,

Sesuai dengan informasi adanya lowongan pekerjaan Copywriter dari PT Sejahtera, saya bermaksud untuk melamar pekerjaan dan bergabung dengan perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin di posisi tersebut.

Berikut data singkat saya:

Nama:
Pengalaman kerja:
Pendidikan Terakhir:

Kemampuan saya di bidang copywriter selama dua tahun, saya bisa membuat konten iklan atau promosi di media sosial, baik berupa video, brosur, maupun tulisan.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan:
1. Curriculum Vitae,
2. Surat referensi kerja,
3. Fotokopi ijazah S1.

Kesempatan wawancara dari Bapak/Ibu Personalia sangat saya harapkan agar saya dapat menjelaskan lebih rinci tentang potensi dan kemampuan saya untuk perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.

Demikian surat lamaran ini, Saya ucapkan terimakasih atas perhatian Bapak/Ibu Personalia.

Hormat saya,

(Nama lengkap)

2. Contoh cover letter Bahasa Indonesia semi formal

Jakarta, 31 Januari 2022
Kepada Yth.,
Ira Kurniawan
PT Sejahtera

Kepada Bu Ira Kurniawan, saya menulis surat lamaran ini untuk mengajukan permohonan untuk posisi insinyur perminyakan. Saya yakin bahwa perusahaan akan menemukan kualifikasi saya sangat cocok untuk posisi yang dibutuhkan perusahaan.

Saya (nama lengkap), memiliki gelar Master di bidang Engineering, dengan lebih dari sembilan tahun bekerja sebagai insinyur perminyakan. Selama waktu tersebut, saya telah bekerja pada dua perusahaan terkenal di daerah ini, yaitu PT Maju Bersama Energy dan PT America Inc.

Dengan pengalaman saya tersebut, saya yakin dapat membantu perusahaan untuk menjadi lebih maju lagi di industri perminyakan nasional. Saya telah belajar bahwa tidak hanya banyak pengetahuan tentang bagaimana untuk bekerja yang sukses, tapi juga kreatifitas untuk merancang tentang bagaimana untuk melakukan pekerjaan seefisien dan dengan biaya yang minimum.

Saya dengan senang hati ingin bertemu dengan Anda secara pribadi untuk membahas lebih lanjut tentang posisi ini dan kemampuan diri saya. Saya akan sangat berterima kasih bila dipanggil untuk mengikuti tahapan seleksi selanjutnya.

Terima kasih banyak untuk waktu dan pertimbangan Anda.

Dengan Hormat,

(Nama lengkap)

Demikian penjelasan singkat terkait cover letter beserta contoh cover letter Bahasa Indonesia. Diharapkan dapat memudahkan pelamar kerja membuat cover letter.

https://money.kompas.com/read/2022/01/31/140000126/penting-untuk-melamar-kerja-selain-cv-ini-contoh-cover-letter-bahasa-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke