Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dirut Garuda Indonesia Tepis Kabar Bakal PHK Karyawan hingga Status Bangkrut yang Disematkan

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk menepis kabar bakal ada pengurangan jumlah karyawan atau PHK di tengah kondisi penyelesaian penundaan kewajiban pembayaran utang (PKPU).

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan, hingga hari ini, pihaknya masih terus berfokus untuk menjalani proses PKPU guna memperoleh kesepakatan dalam penyelesaian kewajiban usaha dengan para kreditur.

"Dapat kami sampaikan bahwa Garuda Indonesia hingga saat ini belum memiliki agenda pertemuan dengan pihak Kementerian Ketenagakerjaan berkenaan dengan penyesuaian jumlah karyawan," katanya melalui keterangan tertulis, Rabu (2/2/2022).

Irfan juga membantah Garuda Indonesia berstatus bangkrut. Proses PKPU yang sedang diselesaikan ini kata dia, merupakan bagian dari restrukturisasi yang dilakukan oleh perusahaan pelat merah yang melayani jasa penerbangan.

"Perlu kiranya kami sampaikan bahwa proses PKPU yang kini sedang dijalani oleh Garuda bersama segenap pemangku kepentingan bukanlah proses kebangkrutan atau kepailitan, melainkan proses restrukturisasi yang dijalankan dalam koridor hukum sesuai mekanisme PKPU," ujarnya.

Dalam proses PKPU ini, lanjut Irfan, Garuda Indonesia terus menjalin komunikasi dengan seluruh kreditur, termasuk lessor pesawat dalam proses negosiasi untuk mencapai kesepakatan terbaik dalam penyelesaian kewajiban usaha.

Lebih lanjut kata Irfan, dalam upaya pemulihan kinerja, Garuda Indonesia berkomitmen untuk mengedepankan kepentingan para karyawannya.

"Selaras dengan rencana dan upaya-upaya kami untuk menjadi entitas bisnis yang kuat di masa mendatang. Seluruh kebijakan dan keputusan ketenagakerjaan yang telah ditempuh Garuda tentunya mengacu pada ketentuan dan perundang-undangan yang berlaku, serta berdasarkan komunikasi konstruktif yang kami kedepankan bersama karyawan," jelas dia.

Irfan juga bilang, selama proses PKPU berlangsung, Garuda Indonesia memastikan seluruh aspek kegiatan operasional penerbangan akan tetap berlangsung dengan normal, termasuk layanan penumpang, kargo dan perawatan pesawat. Untuk menambah pendapatan usaha, Garuda dengan kode saham GIAA ini melakukan layanan pengiriman kargo.

"Selaras dengan hal tersebut, Garuda juga terus mengakselerasikan kinerja bisnisnya dengan memaksimalkan potensi pendapatan melalui perluasan jaringan penerbangan kargo internasional hingga kerja sama korporasi dan retail dalam menghadirkan nilai tambah layanan penerbangan bagi pengguna jasa," katanya.

https://money.kompas.com/read/2022/02/02/144500926/dirut-garuda-indonesia-tepis-kabar-bakal-phk-karyawan-hingga-status-bangkrut

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke