Salin Artikel

GoToko Lanjutkan Ekspansi Setelah Sukses Beroperasi Satu Tahun

CEO dan Direktur Utama GoToko Gurnoor Dhillon mengatakan, langkah konkrit ini merupakan salah satu strategi ekspansi GoToko untuk menjangkau dan melayani lebih banyak warung kelontong.

“Perusahaan dan para pemegang saham memutuskan untuk memperluas jangkauan operasional berdasarkan imbal balik positif dan minat tinggi yang diterima dari para pengguna. Platform GoToko memungkinkan para pengguna mengelola kebutuhan pasokan barang dengan jaminan pengiriman yang andal, inilah yang dibutuhkan pengusaha warung kelontong yang selama ini kurang terjangkau dalam distribusi penjualan,” jelas Gurnoor dalam siaran persnya, dikutip Kompas.com, Jumat (4/2/2022).

Gurnoor menilai, warung kelontong merupakan bagian dari pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang menjadi salah satu penggerak ekonomi nasional.

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) mencatat saat ini ada sekitar 3,6 juta warung kelontong yang menyumbang hingga 80 persen terhadap penjualan ritel di Indonesia.

Menurut catatan Kementerian Koordinator Perekonomian, UMKM juga berkontribusi hingga 61,07 persen atau setara Rp 8.573 triliun lebih terhadap Produk Domestik Bruto (PDB).

Meski memiliki kontribusi besar terhadap ekonomi nasional, masih ada sekitar 2,5 juta warung kelontong yang saat ini belum terlayani dengan baik (underserved retailers) akibat kompleksitas distribusi barang di Indonesia, dan sulit dijangkau produsen barang kemasan ternama (brand principals).

Tantangan warung kelontong

Selama ini pengusaha warung kelontong menghadapi berbagai tantangan seperti kesulitan mendapatkan produk dengan harga kompetitif, terbatasnya produk yang ditawarkan dan kurangnya layanan pengiriman barang yang andal dan hemat biaya.

Untuk itu, pihaknya, kata Gurnoor, hadir sebagai solusi yang menghubungkan produsen barang kemasan ternama dengan para pelaku usaha warung kelontong untuk memenuhi kebutuhan pasokan barang jualannya dengan menciptakan proses distribusi yang semakin efisien.

“Kehadiran GoToko diharapkan bisa membantu pengembangan usaha warung kelontong. Kondisi ini sejalan dengan upaya Pemerintah Indonesia dalam pemulihan ekonomi pasca pandemi, terutama mendukung misi pemerintah sebagai tuan rumah G20 untuk lebih memberdayakan sekaligus mendigitalisasi UMKM,” ujar Gurnoor.

Gurnoor juga mengatakan, pengembangan di segmen ini didukung efisiensi rantai pasok yang akan memberikan dampak baik terhadap ekonomi, terutama di kondisi pandemi seperti saat ini.


GoToko terus berkomitmen sesuai misi perusahaan yaitu tidak hanya menciptakan nilai bisnis, melainkan juga turut meningkatkan kesejahteraan para pelaku usaha warung kelontong.

“Kami ingin memastikan bahwa seluruh layanan GoToko berjalan dengan baik dari hulu sampai hilir, sehingga tercipta rantai pasok yang lancar dan tanpa hambatan sehingga memudahkan para pengusaha warung kelontong mendapatkan kepastian harga, kepastian pengiriman, dan kepastian barang,” kata Gurnoor.

GoToko juga akan memberikan pengalaman yang berbeda kepada pengguna platform.

“Salah satu nilai GoToko adalah mampu memenuhi kebutuhan pengguna platform, dimana mereka akan menjalani pengalaman pertama yang berbeda dalam berbisnis menggunakan digital platform, dan strategi produk kami dibangun untuk itu. Oleh karenanya GoToko akan terus menciptakan inovasi dari data dan teknologi terkini yang relevan untuk menjangkau lebih banyak warung kelontong yang selama ini belum dijangkau ekosistem digital,” ungkap Gurnoor.

Sementara itu, Head of Modern Trade dan Ecommerce Unilever Indonesia Hira Triadi mengaku pihaknya menyambut baik ekspansi GoToko.

Dia menilai perkembangan ini sejalan dengan misi awal kerja sama Unilever dengan GoJek melalui GoToko untuk meningkatkan taraf hidup UMKM, dalam hal ini para peritel tradisional seperti warung kelontong, dengan cara membukakan akses yang lebih mudah dalam memenuhi kebutuhan barang dan jasa.

Selain itu, bagi Unilever Indonesia, kehadiran GoToko juga merupakan bagian yang penting sistem distribusi kami sebagai salah satu cara bagi para mitra pengusaha warung kelontong dalam mendapatkan produk-produk berkualitas bagi keseharian konsumen, dengan harga yang kompetitif.

Hal senada juga diungkapkan oleh produsen makanan dan minuman Danone Indonesia.

Corporate Communication Director, Danone Indonesia Arif Mujahidin, mengatakan, ekspansi layanan GoToko sesuai dengan visi yang dijalankan oleh Danone Indonesia.

Dimana perusahaan memiliki visi untuk menciptakan kesehatan melalui pangan dan hidrasi berkualitas kepada sebanyak - banyaknya masyarakat.

“Dengan kehadiran GoToko yang menjangkau warung-warung kelontong, maka diharapkan dapat semakin memperluas penciptaan masyarakat dan lingkungan yang lebih sehat," kata Arif.

https://money.kompas.com/read/2022/02/04/081000826/gotoko-lanjutkan-ekspansi-setelah-sukses-beroperasi-satu-tahun

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.