Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Erick Thohir Ajak Warga Manfaatkan Lahan Perumahan Jadi Lahan Pertanian

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri BUMN Erick Thohir mengajak para warga memanfaatkan lahan perumahan menjadi lokasi pertanian. Erick pun menggagas program bernama Energi Tani atau ET.

Dia menjelaskan, gerakan Energi Tani bertujuan membumikan semangat bertani. Sehingga, masyarakat bisa menghasilkan produk-produk pertanian secara mandiri.

"Kita bisa melihat bagaimana pentingnya sesama kelompok masyarakat bisa terus merajut kerja sama, terutama pada saat situasi ekonomi yang tidak menentu," ujar Erick Thohir dalam keterangan tertulisnya, Jumat (4/2/2022).

Lewat Energi Tani, Erick ingin jumlah petani di Indonesia bisa bertambah. Dia berharap, gerakan ini bisa meningkatkan perekonomian di masa Covid-19 hingga memberikan akses dan kualitas sayuran sehat kepada masyarakat.

"Solusinya gotong royong. Ini kita lihat, kita bisa memastikan warga bisa hidup mandiri. Bercocok tanam, pertenakan ikan, untuk meningkatkan kualitas ekonomi. Tapi di sisi lain, kalau ada apa-apa kebutuhan gizi bisa tercapai," ucap Erick Thohir.

Lebih lanjut, mantan bos Inter Milan itu akan memberikan pelatihan dan pendampingan terkait budidaya hidroponik kepada warga. Lalu, dia juga bakal melibatkan para off-taker sehingga ekosistem pertaniannya tercapai.

"Dilihat dari konteksnya, dari pihak swasta memastikan hasil tani menjadi bagian konkrit dalam arti memberi kesejahteraan dari masyarakat," kata dia.

Dalam kesempatan ini, Erick Thohir juga memberikan bantuan berupa Greenhouse seluas 25x5 meter, kolam budidaya ikan air tawar, mesin pompa air, dan sejumlah peralatan penunjang lainnya. Nantinya, para warga bakal mengelola lokasi pertanian ini secara swasembada.

https://money.kompas.com/read/2022/02/04/160600226/erick-thohir-ajak-warga-manfaatkan-lahan-perumahan-jadi-lahan-pertanian

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke