Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tak Bisa Tunjukan Hasil Tes Covid-19, KAI: Biaya Tiket KA Dikembalikan 75 Persen

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta telah memberlakukan regulasi terbaru bagi calon penumpang Kereta Api Jarak Jauh yang tidak dapat menunjukkan hasil screening Rapid Test Antigen Antigen atau RT-PCR saat melakukan boarding sebelum keberangkatan. Nantinya, penumpang tersebut biaya tiketnya akan dikembalikan sebesar 75 persen.

“Ketentuan ini berubah dari ketentuan sebelumnya di mana pelanggan KA yang tidak dapat menunjukkan Antigen atau RT-PCR saat boarding di stasiun maka biaya tiket dikembalikan 100 persen di loket stasiun,” ujar Kepala Humas KAI Daop 1 Jakarta Eva Cairunisa melalui keterangan tertulis, Senin (7/2/2022).

Berikut informasi lebih lanjut mengenai ketentuan pembatalan tiket KA Jarak Jauh :

1. Pengembalian 100 persen dilakukan jika:

  • Hasil screening Antigen/PCR Positif, refund dapat dilakukan maksimal H+3 dari tanggal keberangkatan KA.
  • Belum divaksin, refund dapat dilakukan maksimal H+3 dari tanggal keberangkatan KA.
  • Tidak menggunakan masker saat boarding dan suhu tubuh di atas 37,3 derajat celsius, maka refund dapat dilakukan 3 jam sampai dengan sebelum keberangkatan KA.

2. Pengembalian 75 persendilakukan jika:

Eva menambahkan, di area Daop 1 Jakarta terdapat 6 stasiun yang melayani pembatalan tiket KA di antaranya Stasiun Gambir, Pasarsenen, Jakarta Kota, Bekasi, Cikampek dan Bogor Paledang.

PT KAI Daop 1 Jakarta juga mengimbau kepada calon penumpang untuk senantiasa memperhatikan ketentuan dan persyaratan naik KA di masa pandemi.

Adapun ketentuan dan persyaratan naik KA di masa pandemi mengacu pada Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan RI (Kemenhub) No 97 tahun 202. Adapun ketentuannya antara lain:

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Tak Dapat Tunjukkan Antigen/PCR, KAI: Biaya Tiket KA Dikembalikan 75%

https://money.kompas.com/read/2022/02/07/204500126/tak-bisa-tunjukan-hasil-tes-covid-19-kai--biaya-tiket-ka-dikembalikan-75

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke