Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Baru Melantai di BEI, Saham Emiten Restoran Gokana, Raa Cha Hingga BMK Mentok ARB

Berdasarkan data RTI, harga saham emiten restoran dengan brand, Gokana, Raa Cha Monsieur Spoon, Platinum, BMK, Chopstix, hingga BMK ini sempat menguat pada awal perdagangan dengan posisi tentinggi menyentuh level Rp 895 per saham, namun berbalik melemah hingga turun 6,4 persen di level Rp 795 per saham.

ENAK melepas sebanyak 433,3 juta saham biasa atas nama atau sebanyak 20 persen dari jumlah modal ditempatkan dan disetor penuh Perseroan setelah Penawaran Umum Perdana Saham. Dengan jumlah tersebut, maka PT Champ Resto Indonesia berpeluang mengantongi dana segar sebesar Rp 368,3 miliar.

Dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, manajemen Champ Resto hasil penggalangan dana di pasar modal akan dipergunakan untuk pembayaran sebagian utang Perseroan kepada PT Bank CIMB Niaga Tbk dan pemegang saham Perseroan sekitar 56 persen.

“Selain itu, 19 persen dana IPO akan digunakan untuk belanja modal berupa renovasi (fit out) baik untuk outlet baru maupun outlet eksisting, untuk belanja modal, dan sarana penunjang lainnya. Sisanya akan digunakan untuk modal kerja perseroan,” tulis manajemen.

Selama masa penawaran umum yang berlangsung pada tanggal 2 – 4 Februari 2022, saham ENAK mengalami kelebihan permintaan (oversubscribed) sekitar 4.29 kali dari porsi penjatahan terpusat (pooling) yang ditawarkan kepada masyarakat.

Kedepannya, perseroan optimis akan bertumbuh pesat dengan formula bisnis yang mengutamakan konsep value for money, atau makanan berkualitas dengan harga yang terjangkau (affordable) dan platform yang highly scalable dan efisien. Perseroan juga berencana melakukan ekspansi dengan membuka beberapa gerai baru.

“Dengan menyandang status sebagai perusahaan terbuka, perseroan akan menerapkan prinsip good corporate governance dalam setiap langkah yang diambil. Meskipun kondisi perekonomian nasional yang belum pulih total sebagai akibat pandemi Covid-19, Perseroan tetap optimis bisnis food & beverage tetap akan tumbuh,” tegas manajemen.

https://money.kompas.com/read/2022/02/08/131700526/baru-melantai-di-bei-saham-emiten-restoran-gokana-raa-cha-hingga-bmk-mentok

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke