Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Astra, Hongkong Land, dan LOGOS Bentuk Perusahaan Pengembangan Gudang Logistik Modern

Presiden Direktur Astra Djony Bunarto Tjondro mengatakan, Astra dan Hongkong Land melalui PT Astra Land Indonesia akan membentuk perusahaan patungan bersama dengan LOGOS untuk mengelola gudang logistik modern di Indonesia dengan fokus awal di area Jabodetabek.

“Kami ingin memperluas ketersediaan fasilitas gudang modern untuk mendukung sektor logistik di Indonesia dan berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional Indonesia,” kata Bunarto dalam siaran pers, Selasa (8/2/2022).

Menurut Bunarto, kerja sama ini dilakukan mengingat pasar pengiriman dan logistik di Indonesia yang mencakup gudang modern, diperkirakan meningkat dari 81,3 miliar dollar AS pada tahun 2020 menjadi 138,04 miliar dollar AS pada tahun 2026.

Di sisi lain, pertumbuhan e-commerce yang ditopang oleh pesatnya kemajuan teknologi digital tentunya mendorong sektor logistik untuk meningkatkan kapasitasnya.

Sektor pergudangan modern Indonesia diperkirakan memiliki ruang yang cukup untuk tumbuh karena outsourcing logistik di Indonesia masih dapat dioptimalkan dibandingkan dengan negara lain di Asia Tenggara. Ini juga didukung oleh meningkatnya permintaan gudang modern di wilayah Jabodetabek.

Chairman LOGOS Asia Tenggara Stephen Hawkins mengatakan, kerja sama joint venture ini diharapkan meningkatkan sinergi perusahaan, mengingat Astra Land memiliki rekam jejak yang baik dalam pasar properti, dan LOGOS memiliki pengalaman yang kuat dan luas dalam mengembangkan keberlanjutan dan solusi logistik terintegrasi di pasar lokal dan internasional.

“Kami sangat senang bekerja sama dengan Astra dan Hongkong Land dalam memenuhi permintaan gudang logistik modern yang terus meningkat dan tentunya untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia,” kata Stephen.

LOGOS merupakan perusahaan logistik dengan wilayah operasional meliputi Australia, China, Singapura, Indonesia, Malaysia, Vietnam, India, Selandia Baru, Korea Selatan, dan Jepang.

Sejak tahun 2017, LOGOS hadir di Indonesia dengan beberapa portofolio gudang modern yang berlokasi di Cibitung, Cileungsi, Cikarang, dan Pondok Ungu.

https://money.kompas.com/read/2022/02/09/090100426/astra-hongkong-land-dan-logos-bentuk-perusahaan-pengembangan-gudang-logistik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke