Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bisnis Internasional BNI Tumbuh Positif Pada 2021, Ditopang Transaksi Perdagangan dan Remitansi

Direktur Treasury dan International BNI Henry Panjaitan mengatakan, volume perdagangan ekspor BNI tumbuh di kisaran 76,73 persen, sedangkan volume perdagangan impor BNI di kisaran 120,41 persen.

Realisasi pertumbuhan kinerja tersebut lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan volume perdagangan nasional yang mencapai 41,88 persen untuk ekspor dan 38,59 persen untuk impor.

Hal itu turut mendorong kenaikan pendapatan berbasis fee atau fee based income (FBI) perdagangan sebesar 7,46 persen secara tahunan atau year on year (yoy) pada tahun lalu.

“Hal ini dikarenakan BNI tidak sekadar mengikuti tren pertumbuhan tetapi juga aktif mencari ceruk-ceruk pertumbuhan bisnis internasional baru selama masa pandemi tahun lalu," kata Henry, dalam keterangannya, dikutip Kamis (10/2/2022).

Lebih lanjut Henry menjelaskan, pertumbuhan perdagangan didukung oleh aktivitas akuisisi nasabah baru dari segmen korporasi dan komersial.

"Selain itu, layanan BNI Trade Online sebagai solusi digital juga semakin diminati nasabah, seperti tercermin dari penambahan pengguna yang cukup besar yakni sekitar 79,71 persen di 2021,” ujarnya.


Bisnis remittance

Di samping itu, Henry menuturkan bisnis internasional kiriman uang juga tumbuh positif. Volume remitansi dari segmen korporasi tumbuh 8,4 persen secara yoy, didorong oleh pengembangan fitur outgoing remittance pada layanan cash management BNI.

Sementara itu, kiriman uang dari segmen individual non-pekerja migran Indonesia (PMI) juga tumbuh 6,8 persen, didukung oleh partnership BNI dengan global payment provider di luar negeri dan pengembangan fitur outgoing remittance di layanan BNI Mobile Banking.

Sedangkan pada segmen PMI, meskipun volume remitansi PMI secara nasional yang belum rebound, namun transaksi remittance TKI yang disalurkan melalui BNI masih menunjukkan kenaikan 2,2 persen secara yoy.

"Salah satu fokus pengembangan bisnis internasional ke depan adalah pemenuhan kebutuhan Diaspora di luar negeri melalui beberapa produk dan layanan yang dapat diakses anywhere, anytime," ucap Henry.

https://money.kompas.com/read/2022/02/10/154600726/bisnis-internasional-bni-tumbuh-positif-pada-2021-ditopang-transaksi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke