Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Bayar dan Cek Tagihan PDAM Online lewat HP

JAKARTA, KOMPAS.com – Pengguna layanan PDAM tidak perlu keluar rumah saat akan membayar atau mengecek tagihan. Pasalnya, pembayaran maupun cara cek tagihan PDAM bisa dilakukan secara online lewat HP atau smartphone.

Cara bayar dan cek tagihan PDAM lewat HP pun cukup mudah dilakukan. Pengguna hanya perlu memilih salah satu metode cek tagihan PDAM, lalu mengikuti beberapa langkah sederhana untuk melakukan pembayaran.

Beberapa platform saat ini menyediakan layanan pembayaran dan cek tagihan PDAM online. Misalnya melalui website resmi PDAM daerah, m-banking, e-wallet, hingga aplikasi e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, dan lainnya.

Banyaknya pilihan untuk bayar dan cek tagihan PDAM online, tentu memudahkan pelanggan. Dengan begitu, pelanggan tidak harus ke kantor perusahaan daerah air minum (PDAM).

PDAM sendiri merupakan salah satu unit usaha yang dimiliki oleh suatu daerah. Sesuai namanya, PDAM adalah perusahan penyedia air bersih hingga proses distribusi ke masyarakat umum untuk keperluan sehari-hari.

Biasanya, PDAM berbentuk Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan hanya beroperasi di daerah bersangkutan saja. Hampir semua kabupaten dan kota di Indonesia terdapat PDAM yang bisa diakses oleh masyarakat.

Lantas, bagaimana cara bayar dan cek tagihan PDAM lewat HP? Berikut beberapa metode atau cara bayar dan cek tagihan PDAM lewat HP dengan mudah:

Cek tagihan PDAM online lewat website

Pertama, cek tagihan PDAM online bisa dilakukan lewat website. Namun, Anda perlu mencari website resmi PDAM yang ada di domisili Anda.

Untuk di Surabaya misalnya, Anda bisa mengakses http://info.pdam-sby.go.id/aplikasi/rekening/. Kemudian Anda tinggal mengisi nomor pelanggan dan periode tagihan untuk mengecek tagihan PDAM secara online. Setelah itu, layar akan menampilkan jumlah tagihan bulanan PDAM.

Perlu diketahui, tampilan dari website setiap PDAM berbeda-beda tergantung domisili. Anda tinggal menyesuaikan data informasi yang dibutuhkan sesuai yang ditampilkan di website PDAM domisili Anda.

Umumnya, cara cek tagihan PDAM ada di halaman depan website agar mudah ditemukan pelanggannya. Pelanggan hanya perlu mengisi nomor pelanggan PDAM miliknya di kolom yang sudah disediakan.

Itulah informasi seputar cara bayar dan cek tagihan PDAM online lewat HP dengan mudah. Beberapa pilihan untuk cek tagihan PDAM online bisa melalui website resmi, m-banking, e-wallet, hingga aplikasi e-commerce.

https://money.kompas.com/read/2022/02/11/100000926/cara-bayar-dan-cek-tagihan-pdam-online-lewat-hp-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke