Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ketahuan Pakai Bahan Kedaluwarsa, Dua Gerai Starbucks di China Didenda Rp 3 Miliar

Dilansir dari Globaltimes.com Senin (14/2/2022), Administrasi Pengawasan Pasar Wuxi memberikan denda 690.000 yuan ke satu toko, sedangkan toko lainnya didenda 670.000 yuan.

Pernyataan hukuman itu dirilis di situs Sistem Publisitas Informasi Kredit Perusahaan Nasional (Provinsi Jiangsu China) pekan lalu.

“Menurut video pengawasan di gerai, pekerja merusak, mengganti dan menghancurkan label kedaluwarsa bahan makanan, dan terus menggunakan bahan kedaluwarsa tersebut,” demikan bunyi pernyataan yang dirilis tersebut.

Regulator pasar lokal melakukan investigasi di dua gerai Starbucks tersebut, setelah The Beijing News menurunkan laporan, terkait dugaan aksi perusahaan kopi global raksasa asal Amerika Serikat (AS) tersebut yang melanggar dan tidak memenuhi aturan atau standar keamanan pangan.

Perusahaan AS kena "semprit" otoritas China

Laporan yang diturunkan Beijing News pada Desember 2021 membuat marah pelanggan Starbucks di China.

Akibat insiden tersebut, pihak Starbucks telah mengakui pelanggaran operasional dan akan melakukan peninjauan semua gerainya di China.

Perusahaan AS lainnya, Airbnb, juga kena denda sebesar 400.000 yuan atau sekitar 62.896 dollar AS yang setara hampir Rp 1 miliar rupiah (kurs Rp 14.347 per dollar AS) oleh regulator pasar di Beijing, China, akhir Januari lalu.

Penyebabnya, perusahaan tersebut gagal mendefinisikan aturan pemasaran harga ruangan dalam iklan promosinya. 

https://money.kompas.com/read/2022/02/14/122731226/ketahuan-pakai-bahan-kedaluwarsa-dua-gerai-starbucks-di-china-didenda-rp-3

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke