Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

BI Implementasikan QR Cross Border dengan Malaysia dan Thailand, Apa Keuntungannya?

Deputi Gubernur BI Doni P Joewono mengatakan, melalui kerja sama tersebut, pembayaran dengan menggunakan QR dan mata uang negara asal di negara lain menjadi dimungkinkan. Kolaborasi antar bank sentral memfasilitasi interkoneksi sistem QR di negara masing-masing.

"QR lintas negara merupakan salah satu inisiatif kolaboratif untuk membangun standarisasi infrastruktur penyelesaian pembayaran perdagangan antar negara," ujar dia dalam G20 Finance Track Side Events: Casual Talks on Digital Payment Innovation on Fintech, Selasa (15/2/2022).

Adapun saat ini BI telah bekerja sama dengan Bank Negara Malaysia dan Bank of Thailand dan telah melakukan uji coba pelaksanaan QR lintas negara. Dengan adanya implementasi itu, masyarakat Indonesia dapat melakukan transaksi dengan menggunakan mata uang rupiah melalui QR di Malaysia dan Thailand, begitu pun sebaliknya.

"Dengan QR lintas negara konsumer dan pedagang di kedua negara bisa melakukan dan menerima pembayaran untuk jasa dan barang yang dijual secara instan," ujarnya.

Lebih lanjut Doni menjelaskan, dengan diimplementasikannya QR lintas negara, masyarakat memiliki opsi pembayaran lebih banyak di negara lain. Selain itu, implementasi sistem pembayaran digital itu juga meningkatkan efisiensi suatu transaksi.

Implementasi QR lintas negara juga mendukung stabilitas makro ekonomi negara. Pasalnya, pemanfaatan QR lintas negara turut mempromosikan penerapan pembayaran perdagangan internasional menggunakan mata uang lokal negara terkait atau Local Currency Settlement (LCS).

"Kolaborasi ini menandai pencapaian penting di ASEAN Payment Connectivity Inisiative," ucap Doni.

https://money.kompas.com/read/2022/02/15/142201126/bi-implementasikan-qr-cross-border-dengan-malaysia-dan-thailand-apa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke