Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Resmi Jadi CEO Bukalapak, Ini Profil Singkat Willix Halim

Penunjukan Willix Halim disetujui oleh Jajaran Direksi, Komisaris dan Pemegang Saham Perseroan yang diputuskan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB), Rabu (16/2/2022).

Pria kelahiran Medan 15 November 1987 ini mulai bergabung dengan Bukalapak sejak tahun 2016. Posisinya sebelumnya di Bukalapak adalah mengemban tugas sebagai Chief Operating Officer (COO).

Pria berusia 34 tahun tersebut, juga menjadi salah satu tokoh penting dalam pertumbuhan bisnis Bukalapak. Adapun kontribusi Willix Halim yakni memajukan bisnis Bukalapak hingga menjadi perusahaan Unicorn.

Willix Halim juga berkontribusi dalam pengembangan Mitra Bukalapak menjadi pemimpin pasar O2O (Online to Offline), serta memperluas variasi produk dan layanan digital Bukalapak.

Pencapaian-pencapaian Willix Halim selama ini, kemudian mengantarkan Bukalapak menjadi perusahaan teknologi Unicorn pertama yang melantai di Bursa Efek Indonesia melalui IPO (Initial Public Offering) di tahun 2021.

Sebagai informasi, IPO Bukalapak tersebut, menjadi IPO terbesar di Asia, dengan total fund raised mencapai Rp 21,9 triliun.

Willix Halim mendapatkan gelar sarjana Computer Science dan Mechatronics dengan First Class Honors dan sebagai Valedictorian pada tahun 2009 dari University of Melbourne. Dia kemudian melanjutkan studinya di Stanford University Graduate School od Business di tahun 2013.

“Kami optimis, Willix Halim dapat meneruskan kepemimpinan Rachmat Kaimuddin di Bukalapak dan mengembangkan Perseroan menjadi perusahaan publik yang kokoh secara finansial, berkembang secara berkelanjutan, dan membawa dampak yang signifikan bagi seluruh masyarakat Indonesia”, ujar Komisaris Utama sekaligus Komisaris Independen PT Bukalapak.com, Bambang Brodjonegoro melalui siaran pers, Rabu (16/2/2022).

Selain Willix Halim, RUPSLB Bukalapak juga menyetujui Victor Putra Lesmana dan Howard Nugraha Gani untuk masuk ke dalam Jajaran Direksi PT Bukalapak.com, Tbk. Sebagai informasi, Victor mendapatkan gelar sarjana teknik dengan spesialisasi Electrical & Electronic Engineering sebagai lulusan terbaik dan penerima Lee Kuan Yew Gold Medal dari Nanyang Technological University, Singapura.

Saat ini, Victor menjabat sebagai President of Commerce & Fintech di Bukalapak, memimpin berbagai divisi inti di Bukalapak, termasuk Marketplace, Digital Products, Logistics & Supply Chain, Payment, Financial Technology dan New Businesses.

Victor dinilai memiliki pengalaman yang luas di berbagai industry, mulai dari layanan keuangan, teknologi, sektor konsumen, logistic, serta supply chain. Victor juga memiliki pengalaman kerja di berbagai negara, seperti di IBM, hingga Boston Consulting Group (BCG).

Sedangkan Howard merupakan, memiliki latar belakang dan keahlian dalam inisiatif bisnis dan produk, manajemen kemitraan, serta strategi disrupsi dan growth. Howard lulus dengan gelar First Class Honours di bidang Mekatronika dan Ilmu Komputer dari the University of Melbourne.

Howard memulai karirnya dengan Ericsson Australia sebagai Engineer. Sebelum kembali ke Indonesia, ia menyelesaikan gelar MBA di INSEAD. Howard melanjutkan perjalanannya dengan Bain & Company selama lebih dari 3 tahun, sebelum bergabung di Bukalapak. Howard telah memimpin inisiatif-inisiatif utama Mitra Bukalapak dan saat ini menjabat sebagai CEO PT Buka Mitra Indonesia.

“Seluruh Jajaran Komisaris dan Direksi Bukalapak menyambut dengan baik bergabungnya Victor Lesmana dan Howard Gani. Pencapaian yang luar biasa dari Victor dan Howard dalam membawa Bukalapak menjadi pemimpin digitalisasi UMKM menjadikan keduanya pilihan yang tepat untuk terus meningkatkan pencapaian ini,” tegas Bambang.

https://money.kompas.com/read/2022/02/17/081800226/resmi-jadi-ceo-bukalapak-ini-profil-singkat-willix-halim-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke