Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Tipe Perusahaan yang Disukai oleh Generasi Z

JAKARTA, KOMPAS.com - Generasi Z atau generasi yang lahir dari tahun 1996-2010, sering sekali disebut-sebut sebagai generasi internet. Sebab generasi ini sangat akrab dengan bidang teknologi dan menyukai dunia visual.

Mereka juga dianggap suka merayakan gaya hidup seperti suka mendalami hobi, takut melewatkan suatu tren hingga menganggap virtual merupakan bagian dari realitas mereka.

Oleh karena itu generasi Z cenderung jadi pemilih dalam hal pekerjaan.

Researcher and Full Time Management Lecturer UMN Elissa D.Lestari mengatakan, sebenarnya generasi Z sangat menjunjung tinggi akan nilai-nilai kejujuran pada suatu perusahaan.

"Mereka akan setia jika menemukan misalnya ada perusahaan yang bisa memberikan kejujuran dalam hal jenjang karir, jujur dalam menginformasikan apakah mereka bisa mendapatkan mentoring yang tepat di perusahaan tersebut dan jujur mengenai step untuk mendapatkan jenjang karir yang bagus," ujar Ellisa dalam nextgen Launching WP-1 Report Gen Z Lifestyle and Consumption Habits yang disiarkan secara virtual, Jumat (18/2/2022).

Menurutnya, dari sisi aspirasi, generasi Z memiliki keinginan lebih besar untuk sukses dalam hal karir dibandingkan generasi yang lain.

Hal ini, kata dia, didorong lantaran generasi Z memiliki cermin dari kisah orang tuanya dahulu ketika masa krisis ekonomi 1998 terjadi.

Sebagaimana yang diketahui, di tahun 1998 ekonomi Indonesia sedang jatuh-jatuhnya.

"Generasi Z itu punya sejarah, punya cerita yang ketika kasus 1998 ekonomi lagi sulit-sulitnya. Makanya mereka tingkat keinginan untuk sukses itu lebih besar dalam hal karir, mereka tidak ingin karirnya seperti orang tuanya dulu di tahun 1998," kata Ellisa.

"Jadi sebenarnya jika generasi Z mendapatkan pekerjaan di perusahaan yang jujur dan mau mendorong mereka atau karyawannya untuk maju, pasti para generasi Z akan setia di perusahaan itu enggak pindah-pindah tempat," bebernya.

https://money.kompas.com/read/2022/02/18/163000126/ini-tipe-perusahaan-yang-disukai-oleh-generasi-z

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke