Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mitra Resmi Kartu Prakerja Cariilmu Siapkan Fitur Konsultasi Keuangan dan Info Loker

KOMPAS.com – Lembaga pelatihan online interaktif, Cariilmu, membantu masyarakat dalam meningkatkan keterampilan serta pengetahuan untuk memulai karier dan bisnis.

Mitra resmi program Kartu Prakerja tersebut menyajikan kelas-kelas pelatihan online yang lengkap dan terpadu, mulai dari bisnis, bahasa, finansial, fotografi, marketing, media, hingga informasi teknologi (IT) dan data.

Selain itu, ada pula kelas online marketing, pengembangan diri, kecantikan, serta tata boga.

Founder Cariilmu Muhammad Irsan mengatakan, seluruh kelas pelatihan pada platform Cariilmu dapat diikuti berbagai kalangan, termasuk lulusan sekolah menengah atas (SMA) ataupun sekolah menengah kejuruan (SMK).

“Mahasiswa serta karyawan yang ingin menambah skill atau memulai bisnis juga dapat mengikuti training online di platform Cariilmu,” ujar Irsan dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Jumat (18/2/2022).

Pria yang akrab disapa coach Ican itu menjelaskan, para peserta pelatihan yang terdaftar dalam Kartu Prakerja dapat mengikuti seluruh video kelas pelatihan yang berkualitas, interaktif, dan detail, sesuai minat dan bakat yang mereka sukai.

Tim Cariilmu juga telah menyiapkan trainer andal yang siap membantu peserta untuk mengembangkan keterampilan.

Irsan menambahkan, keterampilan yang diperoleh peserta nantinya dapat diaplikasikan dalam pengembangan karir dan bisnis yang akan digeluti.

“Seperti halnya Nicky Tirta yang kini terkenal sebagai celebrity chef juga mengajar di bidang tata boga. Selain itu, ada pula beauty vlogger Nadya Naufel yang dikenal ahli dalam membuat art make-up sekaligus mengajar di kelas bidang kecantikan," terangnya.

Irsan menuturkan, konten-konten pembelajaran yang tersedia di Cariilmu tak hanya terbatas pada penerima manfaat Kartu Prakerja.

Konten tersebut juga bisa diakses oleh publik nonpenerima manfaat Kartu Prakerja yang ingin belajar dan meningkakan keterampilan untuk mempersiapkan karir di masa depan.

"Untuk mengikuti kelas pelatihan di Cariilmu, baik peserta Prakerja maupun bukan, bisa dengan mudah membeli kelas pelatihan platform digital yang bermitra dengan Cariilmu, seperti lewat Tokopedia, Pijar, Pintaria, Bukalapak, dan Kariermu by Sekolahmu," jelasnya.

Siapkan fitur konsultasi keuangan

Sebagai informasi, modul pembelajaran Cariilmu saat ini telah mencapai 100 modul.

Peningkatan jumlah modul tersebut diiringi dengan pertumbuhan jumlah peserta di Cariilmu. Upaya tersebut juga diimbangi pertumbuhan sumber daya manusia (SDM) yang kompeten dan professional di bidangnya.

Irsan menambahkan, Cariilmu saat ini telah terintegrasi dengan Sipundi dan Carikerja.

Sipundi adalah layanan literasi keuangan yang bisa dimanfaatkan oleh peserta untuk berkonsultasi dengan financial planner profesional untuk mengelola keuangan.

"Konsultasi keuangan yang dimaksud, yakni tentang bagaimana cara terhindar dari pengeluaran yang konsumtif, mulai dari menyisihkan dana darurat, berinvestasi, hingga cara agar terbebas dari utang," jelasnya.

Sementara, Carikerja adalah portal lowongan pekerjaan berbasis digital. Melalui platform Carikerja, peserta pelatihan yang telah mengikuti kelas di Cariilmu akan dibekali informasi mengenai lowongan pekerjaan sesuai minat, keterampilan, dan potensi yang dimiliki.

Dengan begitu, mereka bisa mendapatkan layanan keuangan dari Sipundi sekaligus konsultasi karier bersama Carikerja.

"Cariilmu akan terus menghadirkan inovasi dan memperbanyak kelas sesuai kebutuhan peserta pelatihan Kartu Prakerja maupun umum. Dengan demikian, Cariilmu menjadi lembaga pelatihan kerja online terkemuka di Indonesia," papar Irsan.

Sebagai informasi, Cariilmu didirikan sejak 2018 oleh Irsan. Platform ini dikembangkannya setelah mengalami sakit kritis dan pemutusan hubungan kerja (PHK).

Adapun motivasinya dalam membangun Cariilmu berawal dari impian agar berdampak dan bermanfaat bagi masyarakat Indonesia.

“Dengan platform Cariilmu, SDM Indonesia semakin berkualitas, berdaya saing global, dan sejalan dengan program Kartu Prakerja,” kata Irsan.

https://money.kompas.com/read/2022/02/18/171800626/mitra-resmi-kartu-prakerja-cariilmu-siapkan-fitur-konsultasi-keuangan-dan-info

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke