Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Luhut: Pasien Covid-19 dengan Komorbid Rata-rata Meninggal 5 Hari Sejak Masuk RS

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, pemerintah akan menekan angka kematian akibat Covid-19 dengan memberikan respon perawatan yang lebih cepat kepada kelompok yang memiliki komorbid.

Ia menyebutkan, hingga hari ini, dari 2.484 pasien meninggal, sebanyak 73 persen di antaranya belum melakukan vaksinasi dosis lengkap, 53 persen lansia dan 46 persen memiliki penyakit penyerta atau komorbid.

"Pasien komorbid tersebut rata-rata meninggal 5 hari sejak masuk ke dalam rumah sakit, di mana komorbid terbanyak ialah diabetes melitus," ujarnya dalam konferensi pers virtual, Senin (21/2/2022).

Terkait hal itu, lanjut Luhut, dalam rapat terbatas Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun meminta jajarannya untuk resiko kematian terhadap lansia, orang yang belum di vaksin, dan memiliki komorbid dapat di tekan semaksimal mungkin dengan penanganan yang baik.

Menurut Luhut, hal itu akan dilakukan dengan mendorong adanya interkoneksi data antara BPJS Kesehatan yang memiliki data komorbid dan data penambahan kasus di NAR Kementerian Keseharan (Kemenkes).

"Sehingga jika ada penambahan kasus langsung terdeteksi apakah orang tersebut komorbid atau tidak, dan respon tindakan bisa dilakukan secara cepat," kata Wakil Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional itu.

Meski demikian, Luhut memastikan perkembangan kasus Omicron di Indonesia masih terkendali.

Meskipun penambahan kasus sudah melebihi tren Delta, namun kondisi rawat inap dan kematian akibat Omicron jauh lebih rendah dibandingkan varian Delta beberapa waktu lalu.

Secara spesifik, pemerintah melihat Provinsi DKI Jakarta, Banten, dan Bali yang sudah memasuki tren penurunan kasus konfirmasi harian. Tren angka hospitalisasi juga terlihat menurun di DKI Jakarta dan Bali.

"Hingga hari ini jumlah keterisian rawat inap di rumah sakit seluruh provinsi Jawa Bali masih jauh di bawah keterisian varian Delta," ucap Luhut.

https://money.kompas.com/read/2022/02/21/183800426/luhut-pasien-covid-19-dengan-komorbid-rata-rata-meninggal-5-hari-sejak-masuk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke