Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Harga Minyak Dunia Dekati 100 Dollar AS Usai Putin Perintahkan Pasukannya ke Ukraina Timur

Dikutip dari CNN, Rabu (23/2/2022), harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS naik 5,4 persen menjadi 95,65 dollar AS per barrel. Sementara harga minyak mentah berjangka Brent naik 3,8 persen menjadi 99,17 dollar AS per barrel.

Harga minyak mentah Brent tersebut tertinggi sejak September 2014 yang sempat berada di level 96,84 dollar AS per barrel dengan kenaikan 1,52 persen.

Seperti diketahui, Presiden Rusia Vladimir Putin telah mengakui kemerdekaan dua wilayah yang memisahkan diri dari Ukraina timur yaitu Luhansk dan Donetsk. Rusia bahkan akan mengirim pasukan militernya ke dua wilayah separatis pro-Moskow itu.

Menurut pihak Amerika Serikat (AS), langkah itu tampaknya menjadi serangan pembuka dari potensi operasi militer yang lebih besar oleh Rusia yang menargetkan Ukraina.

"Sepertinya situasinya dapat meningkat secara dramatis setiap saat dan itu akan membuat investor tetap waspada untuk saat ini," ungkap Analis Pasar Senior di Oanda, Craig Erlam.

"Kita mungkin berada di ambang sesuatu yang mengerikan yang sedang terjadi dan itu terus memberi pengaruh negatif di pasar," tambahnya.

Rusia adalah salah satu produsen minyak terbesar di dunia. Negara ini juga merupakan pengekspor utama gas alam.

Para investor khawatir konflik di Ukraina dapat membatasi atau menghentikan aliran gas Rusia ke Eropa, sehingga membuat biaya energi yang digunakan masyarakat menjadi lebih mahal.

Pada tahun 2020, Rusia menyumbang sekitar 38 persen dari impor gas alam Uni Eropa, menurut data badan statistik Uni Eropa, Eurostat.

Saat ini AS dan sekutunya, negara-negara barat diketahui akan menanggapi invasi Rusia ke Ukraina dengan memberikan sanksi baru kepada Rusia.

Kemungkinan sanksi yang diberikan dapat memotong peran bank-bank Rusia dari sistem keuangan global dan mempersulit negara itu untuk mengekspor minyak dan gasnya.

https://money.kompas.com/read/2022/02/23/111451026/harga-minyak-dunia-dekati-100-dollar-as-usai-putin-perintahkan-pasukannya-ke

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke