Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bangun Ekosistem Digital, Bank BJB Gandeng Amazon Web Service dan DCI

"Ini dilakukan untuk mendukung IT Digital Enablement guna membangun ekosistem digital yang lebih masif," ujar Direktur Utama bank bjb Yuddy Renaldi dalam rilis yang diterima Kompas.com, Kamis (24/2/2022).

Digital Enablement merupakan langkah-langkah untuk mendukung transformasi digital bank bjb dalam rangka mengadopsi teknologi yang robust dan up-to-date.

DCI merupakan data center Tier IV pertama di Asia Tenggara yang memberikan layanan infrastruktur data center sesuai dengan standar operasional global. DCI menjamin SLA 99,999 persen atau waktu downtime maksimal 5 menit dalam setahun.

Adapun Amazon Web Service (AWS) merupakan penyedia platform cloud yang digunakan secara luas di dunia dan menawarkan lebih dari 200 layanan unggulan.

Selain itu, bank bjb juga telah bekerja sama dengan Alibaba Cloud, penyedia ratusan produk dan layanan teknologi terdepan berstandar internasional, yang juga menyediakan layanan CyberSecurity.

Alibaba Cloud Indonesia adalah satu-satunya yang memiliki scrubbing center dan 3 data center di Indonesia.

Digitalisasi bukan keharusan tapi mutlak

Direktur Technology, Treasury & International Banking bank bjb, Rio Lanasier menambahkan, digitalisasi sudah bukan lagi keharusan tapi mutlak.

Terlebih, jumlah nasabah bank bjb saat ini sudah crowning di 5 juta dan sedang mengarah pada 15 juta.

Untuk itu, bank bjb tentu harus memikirkan infrastuktur baik itu software, hardware maupun pengembangannya.

"Dengan begitu, tentunya kami harus menyiapkan sebuah sistem infrastruktur, baik itu hardware maupun software," ujar Rio.


Untuk itu, pihaknya menggandeng PT DCI untuk data centernya. Untuk memperkuat dari sisi cyber security dan kemapanan digitalisasinya, pihaknya bekerjasama dengan Proxsis. Lalu dalam pengembangan ini, juga perlu juga cloud sistem dan menggandeng AWS.

"Dengan kerja sama ini, kita ingin turut berakselerasi di dunia digitalisasi dalam memaksimalkan layanan keuangan," tambahnya.

Rio menyebukan, selain memperkuat infrastruktur untuk menuju bank digitial pihaknya juga akan memperkuat program-program pelatihan bagi SDM-nya

https://money.kompas.com/read/2022/02/24/210430926/bangun-ekosistem-digital-bank-bjb-gandeng-amazon-web-service-dan-dci

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke