Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bank Mandiri Gelontorkan 25 Persen Pembiayaan ke Sektor Hijau

"Kami mendorong pembiayaan di sektor hijau, sektor renewable. Dari total pembiayaan Rp1.050 triliun, Rp 250 triliun sudah sesuai ESG," kata Presiden Direktur Bank Mandiri Darmawan Junaidi, pada Kamis (25/2/2022).

Belakangan, pemerintah memang terus mendorong implementasi pengembangan berkelanjutan yang fokus pada lingkungan, sosial dan tata kelola (ESG).

Jumlah pembiayaan ke sektor berkelanjutan tersebut meningkat dibanding kuartal-III 2021. Saat itu, Bank Mandiri telah mengguyurkan Rp 187,4 triliun atau sebesar 23 persen dari total kredit.

Dalam acara "Dampak Perubahan Iklim terhadap Aspek Pembiayaan dan Premi Asuransi Berdasarkan Green Economy", Bank Mandiri bilang telah bekerja sama dengan Perusahaan Listrik negara (PLN), untuk penyediaan mobil listrik sebagai kendaraan operasional. Pihaknya juga telah membangun charging station di kantor pusat Bank Mandiri.

Beberapa aksi lain juga dilakukan Bank Mandiri untuk terus mendukung percepatan ekonomi hijau.

Bank pelat merah ini telah menghemat penggunaan air dan menekan gas emisi karbon.

Darmawan berharap, ke depan pemerintah dapat menyediakan arahan juga insentif bagi pelaku sektor finansial dan ekosistemnya untuk mendorong penyediaan dan permintaan terhadap green financing.

Sebagai gambaran, Bank Indonesia (BI) memang memberikan insentif pembiayaan ke sektor ramah lingkungan ini di 2022.

Dalam acara yang sama, Kepala OJK Institute Agus Sugiarto juga menegaskan pentingnya perusahaan keuangan untuk menjaga perubahan iklim.

"Perubahan iklim juga bergantung pada perusahaan keuangan karena menimbulkan risiko-risiko baru yang bisa jadi memengaruhi kualitas aset keuangan," ucap dia.

https://money.kompas.com/read/2022/02/25/110000826/bank-mandiri-gelontorkan-25-persen-pembiayaan-ke-sektor-hijau

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke