Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Digempur Rusia, Ukraina Buka "Crowfunding" untuk Biayai Tentaranya

Bank Nasional Ukraina membuat rekening khususmulai Kamis (24/2/2022) yang dapat menampung kiriman dari orang di seluruh dunia untuk pasukan militer Ukraina.

Dikutip dari Bloomberg, sebuah organisasi nirlaba di Kiev bernama Come Back Alive telah berhasil mengumpulkan 20,5 juta hryvnia atau sekitar 673.000 dollar AS dalam satu hari untuk mendukung tentara Ukraina.

Berdasarkan informasi di situsnya, Come Back Alive sebelumnya memiliki yayasan amal yang membantu tentara Ukraina. Mereka melengkapi pasukan dengan kendaraan militer dan sistem pengawasan. Tercatat, mereka telah menghabiskan 5 juta dollar AS untuk peralatan.

Platform pengiriman uang komersial seperti Wise juga mengalami lonjakan pengguna terutama untuk pengiriman uang ke Ukraina. Namun, saat ini mereka membatasi transfer ke Ukraina hanya sekitar 200 euro atau sekitar 224 dollar US. Mereka mengaku "lebih sulit" mengoperasikan sistem saat ini.

Lembaga nirlaba lain, Army SOS juga menghimpun sumbangan. Mereka melengkapi perlengkapan militer dengan teknologi baru seperti tablet.

"Kalian telah banyak membantu militer, lebih dari yang kalian lakukan di 2021," tulis postingan lembaga nirlaba tersebut pada Rabu (23/2/2022), dikutip dari Bloomberg.

Sayangnya hingga saat ini, perwakilan Bank Nasional Ukraina, Come Back Alive, dan Army SOS belum memberikan komentar.

Anggaran militer Ukraina vs Rusia

Jumlah yang telah dikumpulkan dalam crowdfunding tersebut sebenarnya sangat kecil dibanding dengan anggaran militer Ukraina. Pada tahun 2021, anggaran militer Ukraina sebesar 3,9 miliar dollar AS.

Usai diserang Rusia, anggota parlemen Ukraina setuju untuk menyuntik biaya pertahanan sekitar 870 juta dollar AS di awal pekan ini.

Sementara itu, Rusia diketahui menghabiskan lebih dari 10 kali lipat dari anggaran militer Ukraina untuk mendukung pertahanannya.

Sekutu Barat memperkirakan, Kiev akan jatuh ke tangan pasukan Rusia dalam hitungan jam.

Presiden Rusia Vladimir Putin tampaknya akan memaksa pemerintahan di Kiev untuk memasang rezim boneka

https://money.kompas.com/read/2022/02/25/131500126/digempur-rusia-ukraina-buka-crowfunding-untuk-biayai-tentaranya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke