Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

PPKM Luar Jawa Bali Diperpanjang Sampai 14 Maret, Wilayah Level III Bertambah

Adapun wilayah berstatus level I diterapkan di 63 kabupaten/kota dan wilayah berstatus level II diterapkan di 63 kabupaten/kota dari sebelumnya 205 kabupaten/kota.

"Perpanjangan dilakukan antara 1-14 Maret di luar Jawa Bali. PPKM level III meningkat menjadi 320 kabupaten/kota," kata Airlangga dalam konferensi pers PPKM, Minggu (27/2/2022).

Airlangga menuturkan, perpanjangan PPKM dan penentuan level asesmen tiap wilayah dilandasi oleh beberapa aspek, seperti tingkat kasus harian hingga level vaksinasi.

Tercatat tiga wilayah mengalami kasus efektif Covid-19 yang masih tinggi, yaitu di Sulawesi, Sumatera, dan Kalimantan. Kasus konfirmasi harian di luar Jawa-Bali mengalami kenaikan sehingga berkontribusi 31,7 persen dari kasus nasional.

"Atau sekitar 183.448 kasus aktif. Pemerintah bersama dengan Pemda terus memonitor langkah-langkah agar bisa dimitigasi dan diantisipasi," ucap Airlangga.

Sementara berdasarkan tingkat keterisian tempat tidur (bed occupancy ratio/BOR), tingkat BOR di Sumatera mencapai 35 persen dengan tingkat kasus aktif 23.563 kasus.

Sementara di Kalimantan Timur, tingkat BOR mencapai 40 persen dengan perkembangan kasus aktif 29.573 kasus. Lalu BOR di Sulawesi Selatan mencapai 23 persen dengan kasus aktif tembus 18.954 kasus.

"Secara keseluruhan rata-rata BOR di luar Jawa Bali sebesar 30 persen, dan di bawah nasional yang sebesar 36 persen," tutur Airlangga.

Terkait vaksinasi, beberapa wilayah yang akselerasi dosis pertama masih rendah alias di bawah 70 persen yaitu Maluku, Papua, dan Papua Barat.

Akselerasi dosis II di bawah 50 persen adalah Sulawesi Tenggara, Aceh, Sulawesi Barat, Maluku Utara, Papua Barat, Maluku, dan Papua.

"Sementara untuk booster masih di bawah 10 persen dan juga cakupan (vaksin) dosis II dan lansia akan dipercepat agar indikatornya mirip dengan di Jawa," tandas Airlangga.

https://money.kompas.com/read/2022/02/27/182855426/ppkm-luar-jawa-bali-diperpanjang-sampai-14-maret-wilayah-level-iii-bertambah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke