Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Libur Isra Mikraj, 484.038 Kendaraan Tinggalkan Jabodetabek, Jasa Marga: Hindari Pulang Bersamaan 28 Februari

Angka tersebut merupakan angka kumulatif arus lalu lintas dari empat Gerbang Tol (GT) Utama, yaitu GT Cikupa (arah Merak), GT Ciawi (arah Puncak), dan GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama (arah Trans Jawa dan Bandung).

Total volume lalu lintas yang meninggalkan wilayah Jabotabek ini naik 26,87 persen jika dibandingkan kondisi normal periode Februari 2022, dengan total 381.516 kendaraan.

Corporate Communication Jasa Marga Dwimawan Heru mengimbau agar pengguna jalan dapat mengatur waktu perjalanan kembali ke Jabotabek serta memohon kerja sama pengguna jalan untuk menghindari pulang bersamaan pada hari ini (28/2/2022), yang diprediksi menjadi puncak arus balik untuk libur Isra Mikraj.

"Dengan meningkatnya lalu lintas di jalan tol, kami juga mengimbau pengguna jalan untuk selalu berkendara dengan aman sesuai peraturan yang berlaku. Salah satunya, aturan batas kecepatan berkendara di jalan tol yang harus dipatuhi sesuai dengan rambu lalu lintas yang terpasang di masing-masing ruas jalan tol," kata dia dalam siaran persnya, Senin.

Jasa Marga terus berkoordinasi dengan pihak Kepolisian untuk memberlakukan rekayasa lalu lintas, seperti contraflow dan penempatan petugas di lokasi rawan kepadatan.

Pemberlakuan contraflow pada arus balik tujuannya untuk menghindari kepadatan pertemuan dua lalu lintas yang berada di Jalan Tol Cipularang dan Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta di Km 66 serta jelang akses masuk dan keluar rest area Km 62 dan Km 52.

"Kami juga membatasi pekerjaan proyek di jalan tol yang berpotensi mengganggu lajur, termasuk pekerjaan mobilisasi peralatan. Rencanakan perjalanan sebelum mulai berkendara, di antaranya dapat menggunakan Mobile Apps Travoy 3.0 yang berfungsi sebagai asisten digital pengguna jalan maupun informasi lalu lintas jalan tol terkini dan permintan pelayanan jalan tol yang bisa didapatkan melalui One Call Center Jasa Marga di nomor 14080 atau Twitter @PTJASAMARGA," ujarnya.

Sementara itu, untuk distribusi lalu lintas meninggalkan Jabotabek menuju keempat arah mayoritas 239.037 kendaraan menuju arah Timur (Trans Jawa dan Bandung), 123.461 kendaraan menuju Arah Barat (Merak), dan 121.540 kendaraan menuju arah Selatan (Puncak).

https://money.kompas.com/read/2022/02/28/191506526/libur-isra-mikraj-484038-kendaraan-tinggalkan-jabodetabek-jasa-marga-hindari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke