Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Diputus dari SWIFT, Begini Dampak yang Bakal Dirasakan Bank-bank Rusia

Dari berbagai sanksi yang dijatuhkan, pemblokiran sejumlah bank Rusia dari sistem Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication (SWIFT) dinilai menjadi salah satu yang berpotensi paling berdampak terhadap sistem perekonomian Rusia. Pasalnya, sanksi tersebut membuat layanan perbankan Rusia terganggu secara signifikan.

SWIFT sendiri merupakan sistem pembayaran yang menghubungkan ribuan lembaga keuangan yang beroperasi di seluruh dunia. Sistem ini memungkinkan lembaga keuangan, termasuk bank, bisa mengirim atau menerima data transaksi dengan cepat dan aman.

Sistem pembayaran tersebut juga memungkinkan bank memindahkan uang dengan cepat dan aman, mendukung triliunan dollar AS dalam arus perdagangan dan investasi.

Oleh karenanya, pemblokiran akses SWIFT akan membatasi akses bank-bank Rusia ke aliran uang global, sehingga mempersulit bisnis untuk mengekspor atau mengimpor, atau untuk membiayai diri mereka sendiri dari luar negeri. Dengan demikian, pemutusan akses SWIFT akan sangat berdampak terhadap pelaku usaha.

Bukan hanya pelaku usaha, pemblokiran Rusia terhadap SWIFT juga membuat jutaan warga Rusia sangat terganggu. Pasalnya, pekerja di Rusia yang menerima penghasilan dari luar negeri, mengaku tak bisa menarik uangnya dari luar negeri karena akses SWIFT diblokir.

Secara lebih luas, pemblokiran SWIFT juga akan berdampak terhadap perekonomian Rusia. Mantan menteri keuangan Rusia Alexei Kurdin sempat menyebutkan, pemutusan SWIFT akan membuat produk domestik bruto (PDB) susut 5 persen hanya dalam kurun waktu satu tahun.

Sebab, pemblokiran dinilai akan membahayakan kemampuan Rusia untuk mengambil untung dari ekspor minyak dan gas yang merupakan 40 persen dari pendapatan negara.

Asal tahu saja, merespons pemblokiran SWIFT, Rusia telah membentuk sistem pembayaran alternatif dengan China yang dapat digunakan Rusia. Tetapi Atlantic Council mencatat, platform tersebut hanya memiliki jangkauan kecil dibanding SWIFT dan tidak bisa mengimbangi transaksi keuangan Rusia.

https://money.kompas.com/read/2022/03/04/160900826/diputus-dari-swift-begini-dampak-yang-bakal-dirasakan-bank-bank-rusia

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke