Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Maksimalkan Potensi Pupuk Iskandar Muda, Mentan Akan Berkoordinasi dengan Menteri ESDM

KOMPAS.com – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) mngatakan, Pupuk Iskandar Muda (PIM) selama ini memiliki potensi yang luar biasa dan sudah bergerak maju dalam meningkatkan produksi pupuk.

"Hari ini saya berada di PIM (Aceh) untuk mengecek kesiapan suplai pupuk dari Aceh. Kami berharap, ke depan produksi pupuk di sini jauh lebih banyak lagi karena potensi yang dimiliki PIM sangat menjanjikan," ujarnya.

Dia mengatakan itu saat meninjau kesiapan PIM dalam memproduksi pupuk nasional sebagai upaya memenuhi kebutuhan petani meningkatkan produksi di gudang utama PIM, Aceh, Jumat (4/3/2022).

SYL mengatakan, PIM memiliki dua industri besar yang berlokasi di area yang sama. Namun satu industri lainya tidak bisa beroperasi karena memiliki masalah dengan gas.

Oleh karena itu, SYL mengaku dalam waktu dekat akan melakukan koordinasi dengan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif.

"Tentu saja karena kami yang butuh, maka kami akan bersama-sama mencari dari mana sumber untuk berakselerasi agar pabrik-pabrik dan industri kita beroperasi. Apalagi, kapasitas yang kita butuhkan banyak sekali. Jutaan," katanya dalam keterangan terutlis yang diterima Kompas.com.

SYL menambahkan, industri pupuk sejatinya harus berkerja optimal demi memenuhi target produksi. Terlebih, semua pertanaman yang dilakukan membutuhkan pupuk sebagai sumber nutrisi.

"Biar bagaimana pun, industrinya harus banyak, kan. Apalagi, kita sudah punya pabrik. Sekarang persoalannya gasnya harus bisa tersuplai,” katanya.

Dia juga mengatakan, persoalan tersebut menjadi perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menyalurkan energi ke semua pabrik pupuk yang dibutuhkan.

“Intinya semua pertanaman butuh pupuk agar produksi meningkat," ujarnya saat memantau proses pembuatan sampai pengemasan pupuk di PIM.

Sementara itu, Direktur Pupuk Iskandar Muda Budi Santoso berterima kasih kepada SYL yang telah berkunjung dan memperhatik produksi pupuk di Aceh.

Terlebih, lanjut Budi, SYL langsung bergerak cepat melakukan komunikasi dengan pihak terkait untuk menghidupkan industri pupuk yang tidak beroperasi.

"Saya menyampaikan terimakasih atas kehadiran Pak Menteri dan kami senang Pak Menteri langsung action ke Pak Menteri ESDM. Sekali lagi terima kasih Pak Menteri (SYL)," tuturnya.

https://money.kompas.com/read/2022/03/04/173450226/maksimalkan-potensi-pupuk-iskandar-muda-mentan-akan-berkoordinasi-dengan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke