Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Harga Minyak Dunia Tembus 118 Dollar AS Per Barrel, Tertinggi sejak 2013

Dilansir dari Bloomberg, harga minyak mentah berjangka global, Brent, naik 7,65 persen ke level 118,1 dollar AS per barrel. Harga ini menjadi yang tertinggi sejak tahun 2013.

Penguatan juga dialami oleh harga minyak mentah berjangka acuan Amerika Serikat, West Texas Intermediate (WTI). Tercatat WTI menguat 7,44 persen ke level tertinggi sejak 2008, yakni 115,68 dollar AS per barrel.

Sebagai informasi, Pemerintah Amerika Serikat tengah mempertimbangkan rencana pemblokiran impor minyak dari Rusia. Rencana ini disiapkan untuk menekan kemampuan Rusia di tengah perang dengan Ukraina.

Langkah tersebut dinilai akan memperkeruh kondisi perdagangan Rusia yang saat ini sudah terganggu. Sebab, sejumlah sanksi membuat Rusia itu terblokir dari sistem keuangan global sehingga tidak bisa mendapatkan pembiayaan.

"Saya hanya bisa melihat (harga) minyak menuju lebih tinggi. Pasar menyadari kenyataan bahwa kita sudah mengalami kendala pada minyak Rusia tanpa adanya sanksi formal (ke pasokan energi Rusia). Sulit untuk melihat apa yang bisa dilakukan OPEC," ungkap Daniel Hynes, ahli strategi komoditas senior di Australia and New Zealand Banking Group.

Pada akhir pekan lalu, AS dan sekutunya telah memberikan sanksi baru dengan membuat bank-bank di Rusia dikeluarkan dari Society Worldwide Interbank Financial Telecommunication (SWIFT), sistem pembayaran untuk sebagian besar transaksi keuangan internasional.

Hal ini dilakukan untuk membuat bank-bank Rusia terputus dari sistem keuangan global, sehingga akan mempersulit bisnis ekspor-impor atau menerima pembiayaan dari luar negeri. Sanksi ini dinilai berat karena berada di jantung sistem perbankan.

Meski sanksi tak menargetkan pasokan energi Rusia, investor tetap khawatir karena sanksi itu dinilai berpotensi membuat perdagangan energi menjadi kacau.

https://money.kompas.com/read/2022/03/05/103726626/harga-minyak-dunia-tembus-118-dollar-as-per-barrel-tertinggi-sejak-2013

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke