Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Emas Diburu Investor untuk Aset "Safe Haven", Harganya Diperkirakan Tembus 2.100 Dollar AS

Risiko geopolitik meningkatkan permintaan investor pada emas sebagai aset safe haven.

Dikutip dari CNBC, Selasa (8/3/2022), harga emas di pasar spot ditutup naik 1,5 persen menjadi berada di level 1.997,91 dollar AS per troy ounce. Bahkan, pada sesi perdagangan kemarin sempat menyentu level 2.000 dollar AS per troy ounce, tertinggi sejak 19 Agustus 2020.

Sementara harga emas berjangka Comex New York Exchange untuk pengiriman April 2022 ditutup naik 1,77 persen menjadi berada di level 2.001,40 dollar AS per troy ounce.

Analis Senior Oanda Jeffrey Halley mengatakan, emas saat ini kemungkinan akan terus bergerak di sekitar level 2.000 dollar AS per troy ounce, namun bila kondisi perang Rusia-Ukraina tak ada perubahan maka emas bisa terus terkerek ke level 2.100 dollar AS per troy ounce.

"Dengan asumsi tidak ada perubahan dalam situasi Ukraina, emas akan dengan cepat pindah ke kisaran 2.100 dollar AS per troy ounce dan ke level tertinggi baru sepanjang masa," kata Halley.

Putin umumkan perang terus berlanjut

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan, bahwa perang akan berlanjut sampai Ukraina menerima tuntutannya dan menghentikan perlawanan.

Pernyataan itu meredupkan harapan untuk adanya negosiasi menyelesaikan perang.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan pemerintahan Biden dan sekutunya Eropa sedang membahas embargo minyak Rusia.

Hal ini meningkatkan kekhawatiran guncangan inflasi komoditas karena harga minyak mentah dunia akan semakin melonjak.

Kondisi ketidakpastian politik dan ekonomi yang terus berlanjut tersebut, membuat investor memilih emas sebagai aset penyimpanan nilai.

Adapun pergerakkan harga emas di global turut berpengaruh pada harga emas di pasar domestik, seperti emas Antam yang hari ini terpantau naik Rp 6.000 per gram. Kini harga emas Antam menjadi sebesar Rp 1.019.000 per gram dari sebelumnya Rp 1.013.000 per gram.

https://money.kompas.com/read/2022/03/08/105209426/emas-diburu-investor-untuk-aset-safe-haven-harganya-diperkirakan-tembus-2100

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke