Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

LRT Jabodebek Beroperasi Agustus, Progres Pembangunan Sudah 90 Persen

Corporate Secretary Adhi Karya Farid Budiyanto merincikan capaian ini, yaitu 94,5 persen untuk lintas pelayanan Cawang-Cibubur, 89,1 persen untuk lintas pelayanan Cawang-Dukuh Atas, dan 92,9 persen untuk lintas pelayanan Cawang-Bekasi Timur.

Dengan capaian pembangunan tersebut, dia meyakini tahap akhir pembangunan LRT Jabodebek dapat sesuai rencana. Pasalnya, LRT Jabodebek akan mulai dioperasikan Agustus 2022.

"ADHI terus memastikan penyelesaian tahap akhir pembangunan LRT Jabodebek sesuai rencana," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (10/3/2022).

Dia melanjutkan, capaian pembangunan ini didukung oleh fasilitas kredit sindikasi perbankan dari Bank Mandiri, BNI, Bank Pembangunan Daerah Sumatera Utara, dan Bank Pembangunan Daerah Papua menjadi pendukung pembiayaan pembangunan Kawasan Depo dan Stasiun LRT Jabodebek.

"Hal ini tidak hanya dipengaruhi oleh kinerja pada proses pembangunan, tetapi juga dukungan dari proses pembiayaan," kata dia.

Sementara untuk capaian progres fisik pembangunan fasilitas depo LRT Jabodebek telah mencapai 72,5 persen.

"Manuver track dan transfer track telah selesai dikerjakan dan gedung pengendali utama (OCC) telah siap diserahterimakan ke PT Kereta Api Indonesia (Persero) untuk proses persiapan operasi," jelasnya.


Proses uji coba

Untuk langkah selanjutnya, Adhi Karya akan melakukan kegiatan memarkirkan kereta-kereta LRT Jabodebek di kawasan Depo.

Kini pembangunan fasilitas depo menyisakan tahap penyelesaian pembangunan gedung light maintenance, heavy maintenance, dan stabling building.

Sementara, untuk pekerjaan stasiun LRT Jabodebek sedang dalam proses penyelesaian pekerjaan interior, fasilitas ticketing, hingga mekanikal, elektrikal, dan persinyalan di tiap stasiun.

Selain pekerjaan fisik, ADHI sedang tengah berproses dalam beberapa kegiatan uji coba seluruh rangkaian kereta di tiga lintas pelayanan.

Kereta-kereta tersebut tengah menjalani proses testing dan commissioning untuk persinyalan kereta di semua titik lintas pelayanan dan di setiap titik stasiun.

Mampu tampung 1.308 pelanggan per 1 trainset

Sebagai informasi, KAI berencana mengoperasikan hingga 27 trainset LRT Jabodebek per hari di mana dalam 1 trainset terdiri dari 6 unit kereta.

Dengan demikian, akan terdapat 560 perjalanan LRT Jabodebek yang akan melayani 114.000 pelanggan per hari.

Dalam kondisi normal, 1 trainset LRT Jabodebek berkapasitas 740 pelanggan dengan konfigurasi 174 duduk dan 566 berdiri.

Namun, jika kondisi padat, LRT Jabodebek dapat menampung 1.308 pelanggan.

Terdapat 18 stasiun yang akan dilewati LRT Jabodebek, yaitu Stasiun Dukuh Atas, Setiabudi, Rasuna Said, Kuningan, Pancoran, Cikoko, Ciliwung, Cawang, TMII, Kampung Rambutan, Ciracas, Harjamukti, Halim, Jatibening Baru, Cikunir I, Cikunir II, Bekasi Barat, dan Jatimulya.

https://money.kompas.com/read/2022/03/10/134500226/lrt-jabodebek-beroperasi-agustus-progres-pembangunan-sudah-90-persen

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke