Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mudah, Begini Cara Daftar Autodebet BPJS Kesehatan lewat BCA

JAKARTA, KOMPAS.com – Peserta mandiri yang ingin lebih mudah dalam membayar iuran BPJS Kesehatan bisa mengaktifkan fitur autodebet. Sebuah sistem pembayaran otomatis dengan cara memotong saldo di rekening aktif. Salah satu bank yang sudah bekerja sama dalam fitur autodebet BPJS Kesehatan adalah Bank BCA.

Bagaimana cara daftar autodebet lewat BCA?

Cara daftar autodebet BPJS Kesehatan lewat BCA cukup mudah dan praktis. Dengan mengaktifkan fitur ini, peserta BPJS Kesehatan tidak perlu lagi repot membayarkan tagihan setiap bulan secara manual.

Selain keamanan transaksi pembayarannya terjamin, peserta juga terhindar dari lupa membayar tagihan BPJS Kesehatan. Sehingga diharapkan peserta yang mengaktifkan layanan autodebet tidak lagi menunggak bayar iuran BPJS Kesehatan.

Umumnya, autodebet BPJS Kesehatan akan dilakukan oleh bank pada tanggal 5 atau tanggal 20 setiap bulannya. Dengan catatan, saldo di rekening peserta mencukupi untuk kelancaran autodebet iuran BPJS Kesehatan.

Seperti diketahui, pembayaran iuran BPJS Kesehatan untuk peserta non PBI atau peserta mandiri wajib dilakukan sebelum tanggal 10 setiap bulannya.

Jika semua syarat dan ketentuan sudah terpenuhi, peserta bisa ikuti langkah berikutnya untuk mendaftarkan autodebet BPJS Kesehatan.

Cara daftar autodebet BPJS Kesehatan lewat BCA

Secara umum, daftar autodebet BPJS Kesehatan lewat BCA bisa dilakukan dengan dua cara. Yakni melalui aplikasi mobile JKN atau website resmi BPJS Kesehatan. Berikut penjelasannya:

1. Cara Daftar Autodebet BPJS Kesehatan lewat BCA di aplikasi

Berikut ini cara daftar autodebet BPJS Kesehatan untuk nasabah BCA melalui mobile JKN:

2. Cara Daftar Autodebet BPJS Kesehatan lewat BCA di website

Selanjutnya, peserta juga bisa mengikuti cara daftar autodebet BPJS Kesehatan untuk BCA melalui laman resmi. Simak langkah-langkahnya berikut ini:

  • Buka laman https://www.bpjs-kesehatan.go.id/ pada browser.
  • Masuk ke menu Pendaftaran Auto Debit.
  • Pilih bank BCA.
  • Masukkan nomor rekening dan captcha.
  • Masukkan verifikasi dari Bank.
  • Masukkan data yang diminta.
  • Daftar autodebet BPJS Kesehatan berhasil.
  • Lanjutkan dengan masuk ke aplikasi Mobile JKN.

Itulah dua cara daftar autodebet BPJS Kesehatan lewat BCA secara mudah dan praktis. Selain online, peserta juga daftar autodebet BPJS Kesehatan dengan mendatangi kantor cabang bank BCA terdekat.

Cukup sampaikan ke petugas di bank untuk mengaktifkan layanan autodebet BPJS Kesehatan. Nantinya, petugas akan membantu prosesnya agar iuran BPJS Kesehatan menggunakan sistem pembayaran autodebet.

Cara daftar autodebet BPJS Kesehatan Non-Bank

  • Login pada aplikasi Mobil JKN, klik di bagian Tagihan
  • Klik menu Pendaftaran Autodebet.
  • Pilih Non-Bank-Fintech untuk pendaftaran autodebet bukan bank.
  • Silakan registrasi dan ikuti langkah selanjutnya sesuai petunjuk.
  • Klik "Tambah" untuk menambahkan peserta yang akan mengikuti layanan ini
  • Untuk top-up nya sendiri dapat dilakukan melalui PT Pos Indonesia dan Alfamart.

Untuk informasi mengenai pendaftaran autodebet iuran BPJS Kesehatan lebih lanjut, Anda bisa menghubungi PANDAWA (Pelayanan Administrasi melalui WhatsApp). Adapun nomor WA Pandawa BPJS Kesehatan yang baru adalah 08118165165.

Layanan PANDAWA beroperasi setiap hari Senin-Jumat Pukul 08.00-15.00 waktu setempat. Layanan ini tidak dipungut biaya apapun alias gratis. 

https://money.kompas.com/read/2022/03/10/231128826/mudah-begini-cara-daftar-autodebet-bpjs-kesehatan-lewat-bca

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke