Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER MONEY] Sri Mulyani Senang Ada yang Pamer Harta di Medsos | Putin Larang Ekspor 200 Produk Rusia

1. Sri Mulyani: Kami Senang Ada yang Pamer Harta di Medsos, Langsung Petugas Pajak Datang

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menaruh perhatian terhadap kalangan super tajir atau 'crazy rich'. Ia mengatakan, mereka yang sering pamer kekayaan di media sosial (medsos) akan langsung didatangi petugas Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan.

"Kami senang kalau di medsos ada yang pamer mengenai account number, 'account saya yang paling gede'. Begitu ada yang pamer 'saya punya beberapa miliar', salah satu petugas pajak kami bilang 'ya nanti kita datangilah'," ujarnya dalam Sosisalisasi UU HPP, Kamis (10/3/2022)

Menurutnya, pemantauan Ditjen Pajak melalui media sosial terhadap orang-orang yang pamer harta, merupakan salah satu upaya menjaga kepercayaan masyarakat bahwa negara melakukan pemungutan pajak yang adil. Pajak yang dipungut pun digunakan untuk pembangunan nasional.

"Masyarakat kita akan percaya kepada pemerintah kalau dia tahu diperlakukan adil dan uang pajaknya kembali lagi, bukannya dikantongi atau ditaruh di belakang kantor saya, (tapi uang pajak) digunakan untuk bangun sekolah, bangun jalan raya, bangun irigasi," kata Sri Mulyani.

Selengkapnya baca di sini

2. Putin Resmi Larang Ekspor 200 Produk Rusia, Apa Saja?

Presiden Rusia Vladimir Putin memutuskan melarang ekspor ratusan produk Rusia. Berdasarkan keputusan, ada sekitar 200 barang yang dilarang ekspor.

Pembatasan ini bakal berlaku setahun penuh hingga tanggal 31 Desember 2022. Mengutip Kantor berita Rusia, TASS, Jumat (11/3/2022), barang-barang tersebut sebelumnya didapat Rusia dari impor.

Namun untuk memasok kebutuhan dalam negeri usai sanksi barat berlaku, produk tersebut dilarang ekspor.

"Langkah ini diperlukan untuk memastikan stabilitas di pasar Rusia," tegas kabinet Rusia.

Selengkapnya baca di sini

3. Anjlok Tajam, Ini Rincian Harga Emas Batangan Terbaru di Pegadaian

Harga emas batangan Antam pecahan 1 gram di PT Pegadaian (Persero) pada hari ini, Jumat (11/3/2022), dibanderol seharga Rp 1.050.000 atau anjlok tajam Rp 28.000 dibandingkan kemarin.

Kemudian untuk harga emas batangan pecahan 0,5 gram dibanderol seharga Rp 578.000 atau mengalami penurunan Rp 13.000 dan harga emas batangan Antam 2 gram dipatok Rp 2.037.000 atau turun Rp 54.000 dibandingkan sehari sebelumnya.

Sementara itu, harga emas batangan yang dirilis PT Untung Bersama Sejahtera (UBS) 1 gram dipatok seharga Rp 1.024.000 atau mengalami penurunan Rp 19.000.

Untuk harga emas hari ini pecahan 0,5 gram UBS dijual seharga Rp 547.000 dan pecahan 2 gram seharga Rp 2.032.000. Sama halnya dengan harga emas batangan Antam, harga emas hari ini UBS juga mengalami penurunan cukup tajam.

Selengkapnya baca di sini

4. Ini 5 Konglomerat Penguasa Minyak Goreng RI yang Diungkap Mendag

Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi membeberkan ada lima produsen yang telah memproduksi minyak goreng dari hasil DMO CPO yang jumlahnya per Maret 2022 mencapai 73.890 ton atau sekitar 20,7 persen dari total ekspor CPO.

Pada periode 14 Februari-8 Maret 2022, total DMO minyak goreng yang berhasil terkumpul mencapai 573.890 ton. Sementara yang terdistribusi dalam bentuk minyak curah dan kemasan ke pasar adalah sebesar 415.787 ton.

Adapun, untuk ekspor CPO dan turunannya mencapai 2.771.294 ton dan terdapat 126 penerbitan ekspor dari 56 eksportir. Pemerintah sendiri juga sudah memberlakukan harga eceran tertinggi (HET) minyak goreng.

Sesuai HET, harga jual minyak goreng curah di pasaran ditetapkan sebesar Rp 11.500 per liter, minyak goreng kemasan sederhana Rp 13.500 per liter, dan minyak goreng kemasan premium Rp 14.000 per liter. HET ini sudah berlaku sejak 1 Februari 2022.

Selengkapnya baca di sini

5. Bijak Membelanjakan Gaji, Simak 5 Tips Pintar Belanja Online Ini

Gajian merupakan momen yang ditunggu oleh pekerja. Selain membiayai kebutuhan sehari-hari, gaji juga digunakan untuk membayar berbagai kebutuhan, mulai dari asuransi, cicilan rumah, kendaraan, hingga investasi.

Untuk memenuhi hal tersebut, kamu perlu mengelola keuangan dengan baik. Pasalnya, berapa pun gaji yang didapat, bila tidak dikelola dengan bijak, kamu selalu merasa tidak cukup. Salah satu godaan terbesar dalam mengelola keuangan adalah kemudahan belanja online.

Pasalnya, calon konsumen dapat membeli berbagai barang melalui smartphone. Selain itu, pembayaran juga dapat dilakukan secara mudah. Supaya tidak kebablasan, Kompas.com telah merangkum tips pintar berbelanja bijak secara daring.

Selengkapnya baca di sini

https://money.kompas.com/read/2022/03/12/055500026/-populer-money-sri-mulyani-senang-ada-yang-pamer-harta-di-medsos-putin-larang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke