Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Syarat dan Cara Gadai Gadai Emas Fisik lewat BSI Mobile

JAKARTA, KOMPAS.com – Gadai emas Bank Syariah Indonesia (BSI) bisa menjadi pilihan bagi Anda yang membutuhkan uang tunai dalam waktu cepat. Gadai emas BSI adalah produk pinjaman agunan berupa emas untuk memperoleh uang tunai secara mudah, aman, dan biaya ringan.

Bagi nasabah yang ingin melakukan gadai emas, saat ini bisa mengaksesnya melalui aplikasi mobile banking BSI atau BSI mobile. Artinya, nasabah yang ingin mendapatkan layanan gadai emas BSI, tidak perlu datang ke kantor cabang.

Meski demikian, layanan gadai emas BSI juga tetap bisa dilakukan secara langsung di kantor cabang terdekat. Adapaun melalui BSI mobile, nasabah bisa memilih menu e-emas untuk proses selanjutnya dalam menggadaikan emas.

Dikutip dari laman bsimobile.co.id, gadai emas fisik merupakan fitur produk pada BSI mobile. Nasabah dapat melakukan simulasi perhitungan taksiran emas dan pengajuan gadai emas dengan metode datang ke kantor cabang BSI dan layanan pick up.

Adapun manfaat gadai emas di BSI Mobile di antaranya memudahkan nasabah untuk mempersingkat waktu dan proses pengajuan gadai emas. Selain itu, layanan ini juga memberikan fasilitas pick up bagi nasabah gadai emas yang memiliki keterbatasan akses ke cabang.

Sedangkan syarat untuk gadai emas BSI hanya membutuhkan KTP, BSI mobile serta fisik emas yang akan dijadikan jaminan. Untuk nominal pembiayaan gadai emas di atas Rp 50 juta, nasabah perlu menyiapkan NPWP.

Proses gadai emas di BSI sendiri tidak membutuhkan waktu lama. Hanya sekitar 30 menit, gadai emas di BSI bisa langsung diproses.

Selanjutnya, limit gadai emas BSI mulai dari Rp 500 ribu sampai Rp 250 juta. Adapun jangka waktunya adalah 4 bulan dan bisa diperpanjang. Sementara itu, jenis emas yang bisa dijadikan jaminan, mulai dari emas lantakan, koin dinar hingga perhiasan emas minimal 16 karat.

Akad pembiayaan dalam gadai emas BSI adalah akad qardh yaitu pengikatan pembiayaan dari bank kepada nasabah.

Kemudian akad gadai (rahn), untuk pengikatan emas sebagai agunan atas pembiayaan nasabah. Serta akad ijarah, untuk pengikatan pemanfaatan jasa penyimpanan emas sebagai agunan pembiayaan Nasabah.

Prinsip syariah dalam produk gadai emas BSI

Pembiayaan Qardh Beragun Emas adalah pembiayaan yang menggunakan akad qardh dengan agunan berupa emas yang diikat dengan akad rahn. Emas yang diagunkan disimpan dan dipelihara oleh bank selama jangka waktu tertentu

Qardh adalah transaksi pinjam meminjam dana tanpa imbalan dengan kewajiban pihak peminjam mengembalikan pokok pinjaman secara sekaligus atau cicilan dalam jangka waktu tertentu.

Ijarah adalah transaksi sewa menyewa atas suatu barang dan/atau jasa antara pemilik objek sewa termasuk kepemilikan hak pakai atas objek sewa dengan penyewa untuk mendapatkan imbalan atas objek sewa yang disewakan.

Itulah informasi seputar syarat dan cara gadai emas lewat aplikasi BSI Mobile. Gadai emas BSI bisa menjadi pilihan bagi nasabah yang membutuhkan uang tunai dalam waktu cepat. 

https://money.kompas.com/read/2022/03/13/095109926/syarat-dan-cara-gadai-gadai-emas-fisik-lewat-bsi-mobile

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke