Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Calon Nasabah "Unit Link" Punya Waktu "Free Look" Polis, PAAI: Asuransi Itu Bukan Nabung, tapi Proteksi

Namun demikian, beberapa perusahaan asuransi justru menghadapi masalah dengan nasabah terkait produk unit link.

Perhimpunan Agen Asuransi Indonesia (PAAI) mengatakan, pihaknya sudah meminta agen untuk mengenalkan produk asuransi dengan logika yang mudah diterima. Tujuannya, untuk mengurangi potensi mis selling.

Financial Planner dari PAAI Bonita Larope menambahkan, calon pemegang polis sejatinya memiliki waktu untuk mempelajari perjanjian polis. Ia bilang, seseorang memiliki masa free look.

Dalam periode tersebut, seorang calon pemegang polis dapat mengajukan pembatalan ketika apa yang dijelaskan agen tidak sesuai dengan polisnya.

"Jadi jangan percaya saja pada agen," imbuh dia Senin (14/3/2022).

Salah kaprah di masyarakat: asuransi bukan nabung, asuransi itu proteksi...

Ia bilang, keunggulan unit link adalah pemegang polis masih mendapatkan proteksi ketika berhenti membayar di masa tidak produktif.

Sebab, masih ada akumulasi dari nilai keuntungan yang dapat digunakan untuk pembayaran premi di saat tidak produktif.

"Cuma masalahnya, masyarakat selalu bilang nabung. Asuransi bukan nabung, asuransi adalah proteksi. Nabung adalah efek sebagian. Ada nilai yang dapat digunakan untuk membayarkan premi ketika dia tidak menyetorkan premi lagi," urai dia.


Unit link merupakan proteksi jangka panjang, bukan investasi murni

Dalam kesempatan yang sama, Duta PAAI Deddy Karyanto menekankan, calon nasabah juga wajib memahami kontrak polis asuransi, sebelum menandatangani atau membeli produk asuransi.

"Saat membeli asuransi, kita perlu tahu di sana ada unsur proteksi, memang ada unsur investasi. Namun, investasi itu bukan seperti kita mau nabung di bank, dan kita mau lebih dari di bank," kata Duta PAAI, Deddy Karyanto.

Dia berharap, nasabah jangan melihat produk unit link sebagai produk yang hanya mendapatkan untung saja.

Pihaknya, selalu menekankan pada agen untuk menaruh kepentingan nasabah di atas kepentingan segalanya sebagai sebuah kode etik.

"Jadi nasabah atau pemegang polis harus paham, jika membeli unit link, itu adalah program proteksi jangka panjang, bukan investasi murni, karena di situ perlindungan yang utama. Lalu ada biaya-biaya, seperti halnya ketika beli produk handphone, ada biaya riset, distribusi, dan lainnya," kata Deddy menambahkan.

https://money.kompas.com/read/2022/03/14/140814726/calon-nasabah-unit-link-punya-waktu-free-look-polis-paai-asuransi-itu-bukan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke