Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Lewat Asuransi, Milenial Diyakini Bisa Putuskan Rantai Generasi Sandwich

"Memang benar kalau milenial berpikir nanti saja memikirkan hal ini. Tapi, kita sekarang banyak memberikan edukasi tentang memutus generasi sandwich," kata Financial Planner dari Perkumpulan Agen Asuransi Indonesia (PAAI) Bonita Larope, Senin (14/3/2022).

Generasi sandwich sering diartikan sebagai generasi orang dewasa yang harus menanggung hidup 3 generasi yaitu orang tuanya, diri sendiri, dan anaknya sendiri.

Ia menambahkan, terjadi peningkatan nasabah milenial. Namun ia tidak dapat memaparkan jumlah pastinya.

Tidak hanya nasabah, agen asuransi milenial juga mengalami pertumbuhan. Beberapa perusahaan asuransi kini telah banyak merekrut generasi milenial sebagai agen asuransi.

Tujuannya agar mereka dapat menjelaskan kepada teman-temannya tentang pentingnya mengeluarkan diri dari generasi sandwich ini.

"Kita lihat saja di TikTok dan Instagram, banyak sekali pembelajaran mengenai literasi keuangan," imbuh dia.

Ia bilang, ada pergesaran tren pada anak muda untuk perencanaan keuangannya. Mereka sudah punya kecenderungan untuk mempelajari hal tersebut.

"Mereka sekarang sudah punya kesadaran lebih untuk mempelajari keuangan, karena generasi sandwich itu bahaya sekali kalau tergantung terus," terang dia.

Ia juga mengimbau, para orang tua harus berusaha untuk mandiri, juga mengajarkan anaknya untuk tidak menjadi beban bagi anak-anaknya kelak.

Menurut dia, milienial sekarang cenderung akan mencari sendiri informasi yang mereka butuhkan, termasuk juga tentang keuangan.

Menurut Bonita, pihaknya selalu mengimbau agennya baik agen yang milenial atau tidak, untuk tetap bersikap profesional. Saat ini, PAAI telah memayungi lebih dari 1.000 agen.

https://money.kompas.com/read/2022/03/14/160050226/lewat-asuransi-milenial-diyakini-bisa-putuskan-rantai-generasi-sandwich

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke