Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Cek BPJS Kesehatan Aktif atau Tidak lewat Aplikasi Mobile JKN

JAKARTA, KOMPAS.com – Bagi Anda yang termasuk peserta bukan penerima bantuan iuran (Non-PBI), penting untuk mengecek status kepesertaan BPJS Kesehatan. Saat ini, cara cek BPJS Kesehatan aktif atau tidak dapat dilakukan secara online melalui aplikasi Mobile JKN.

Cara cek BPJS Kesehatan aktif atau tidak lewat aplikasi Mobile JKN pun terbilang mudah dan cepat. Anda hanya perlu mengunduh aplikasi tersebut di Google Play Store atau App Store di smartphone.

Setelah mendaftar dan login, Anda dapat melihat status kepesertaan BPJS Kesehatan. Dengan demikian, cek BPJS Kesehatan bisa dilakukan di rumah selama terhubung dengan jaringan internet.

Dikutip dari laman bpjs-kesehatan.go.id, aplikasi Mobile JKN merupakan inovasi yang dibuat oleh BPJS Kesehatan untuk memudahkan calon peserta dan peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Dengan aplikasi Mobile JKN, kegiatan administratif yang biasa dilakukan di Kantor Cabang BPJS Kesehatan dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja tanpa batasan waktu.

Selain bisa melihat status kepesertaan (cek BPJS Kesehatan), aplikasi Mobile JKN juga dapat digunakan untuk mengubah fasilitas kesehatan (faskes) dimana peserta JKN-KIS terdaftar. Artinya, peserta JKN-KIS tidak perlu repot mengunjungi Kantor Cabang BPJS Kesehatan saat ingin mengubah faskes.

Fitur-fitur pada aplikasi Mobile JKN pun cukup lengkap. Beberapa fitur yang tersedia di antaranya kartu KIS Digital, informasi iuran BPJS Kesehatan, antrean online ketika ingin berobat, serta informasi seputar Program JKN-KIS lainnya.

BPJS Kesehatan sendiri merupakan badan hukum publik yang dibentuk untuk menyelenggarakan Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Kehadiran BPJS Kesehatan berupaya menjamin kesehatan masyarakat di Indonesia.

Dalam UU Nomor 24 Tahun 2011 tentang JKN, kepesertaan dalam BPJS Kesehatan adalah wajib. Karena itu, seluruh warga Indonesia wajib menjadi peserta BPJS Kesehatan.

Lalu bagaimana cara cek BPJS Kesehatan aktif atau tidak lewat aplikasi Mobile JKN?

Bagi Anda yang masih bingung mengenai cara cek BPJS Kesehatan aktif atau tidak, simak penjelasan berikut ini.

Sebelum membahas cara cara cek BPJS Kesehatan lebih lanjut, pastikan Anda sudah menyiapkan nomor induk kependudukan (NIK) dan smartphone dengan paket data aktif (tersambung internet).

Demikian informasi seputar cara cek BPJS Kesehatan aktif atau tidak melalui aplikasi Mobile JKN dengan mudah. Perlu diingat, bahwa jika status kepesertaan Anda tidak aktif, maka kartu BPJS Kesehatan tidak dapat digunakan.

Selain melalui aplikasi Mobile JKN, cara cek BPJS Kesehatan aktif atau tidak juga dapat dilakukan di kanal lain. Misalnya cek BPJS Kesehatan melalui Chat Assistant JKN atau CHIKA dan care center 165.

Cara cek BPJS Kesehatan aktif atau tidak juga dapat dilakukan secara offline dengan mendatangi petugas BPJS Satu di Rumah Sakit, mobile costumer service (MCS), mal pelayanan publik (MPP), hingga kantor cabang BPJS Kesehatan terdekat.

https://money.kompas.com/read/2022/03/14/162539626/cara-cek-bpjs-kesehatan-aktif-atau-tidak-lewat-aplikasi-mobile-jkn

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke