Salin Artikel

Syarat, Biaya, dan Cara Membuat Paspor Online lewat Aplikasi M-Paspor

JAKARTA, KOMPAS.com – Paspor adalah dokumen resmi yang memuat identitas pemegangnya. Salah satu kegunaan paspor adalah sebagai syarat untuk melakukan perjalanan antar negara. Bagaimana cara membuat paspor?

Saat ini, cara membuat paspor bisa dilakukan secara online melalui aplikasi M-Paspor. Aplikasi M-Paspor adalah inovasi terbaru yang dirilis Direktorat Jenderal Imigrasi (Ditjen Imigrasi) Kementerian Hukum dan HAM.

Dengan adanya aplikasi M-Paspor, proses pembuatan paspor (cara membuat paspor) menjadi lebih mudah dan cepat.

Meski demikian, pemohon paspor tetap harus datang ke kantor imigrasi yang dipilih untuk proses wawancara dengan petugas. Saat melakukan wawancara, pemohon wajib membawa dokumen asli persyaratan permohonan paspor.

Dikutip dari laman Indonesia.go.id, masyarakat dapat mengajukan permohonan paspor dengan mengunggah scan berkas ke aplikasi M-Paspor. Dengan begitu, pemohon paspor tidak perlu menunggu lama untuk petugas mengunggah dan memasukkan data permohonan.

Dalam aplikasi M-Paspor, terdapat fitur-fitur yang mengakomodir tahapan permohonan paspor yang biasa dilakukan secara tatap muka.

Fitur-fitur tersebut antara lain pembayaran PNBP di awal, reschedule jadwal kedatangan, cek status permohonan paspor, validasi NIK Dukcapil, dan integrasi dokumen perjalanan RI.

Syarat membuat paspor online

Sebelum membahas cara membuat paspor online lebih lanjut, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan oleh pemohon paspor.

Secara umum, syarat untuk pengurusan paspor adalah menyiapkan e-KTP, Kartu Keluarga (KK), dan didukung oleh dokumen akta lahir/buku nikah/ijazah asli beserta foto copy.

Sementara, berdasarkan Peraturan Menteri Hukum dan HAM RI nomor 8 tahun 2014 tentang Paspor Biasa dan Surat Perjalanan Laksana Paspor, persyaratan membuat paspor adalah sebagai berikut:

WNI domisili luar Indonesia

  • Kartu penduduk negara setempat, bukti, petunjuk, atau keterangan yang menunjukkan bahwa pemohon bertempat tinggal di negara tersebut.
  • Membawa paspor biasa yang lama.

Anak WNI yang lahir di luar Indonesia

  • Paspor biasa ayah dan/atau ibu warga negara Indonesia.
  • Surat keterangan lahir dari Perwakilan Republik Indonesia.

Sebagai catatan, apabila pemohon paspor belum mendapatkan e-KTP, pemohon dapat menggantinya dengan surat keterangan pengganti atau surat pengantar dari disdukcapil setempat.

Selain itu, penerbitan paspor bukan hanya melibatkan unsur pelayanan, namun juga unsur penegakkan hukum. Jadi, apabila dalam prosesnya ditemukan indikasi tujuan permohonan paspor tidak sesuai dengan yang disampaikan pada saat wawancara, petugas dapat memintakan dokumen lain di luar persyaratan, untuk memperkuat keterangan pemohon.

Cara membuat paspor online lewat aplikasi M-Paspor

Adapun tahapan-tahapan atau cara membuat paspor onlien via M-Paspor adalah sebagai berikut:

Cara membuat paspor online via aplikasi Antrian Paspor Online

Sebelum memulai menggunakan aplikasi Antrian Paspor Online untuk cara membuat paspor, silakan registrasi dulu dengan mengisi identitas pada aplikasi dan masukkan alamat email yang masih aktif untuk verifikasi.

Jika sudah, ikuti cara membuat paspor online via aplikasi Antrian Paspor Online berikut ini:

Biaya membuat paspor online

Dikutip dari laman imigrasi.go.id, saat ini biaya pengurusan atau pembuatan paspor adalah sebagai berikut:

  • Paspor biasa 48 halaman: Rp 350.000
  • Paspor biasa elektronik (e-passport) 48 halaman: Rp. 650.000
  • Layanan percepatan paspor selesai pada hari yang sama Rp1.000.000 (layanan percepatan di luar biaya penerbitan Paspor).
  • Biaya paspor hilang (per buku): Rp 1.000.000
  • Biaya paspor hilang akibat keadaan kahar seperti bencana: Rp 0
  • Biaya paspor rusak (per buku) Rp 500.000
  • Biaya paspor rusak akibat kahar: Rp 0

Itulah informasi seputar syarat, biaya, dan cara membuat paspor online lewat aplikasi M-Paspor. Bagi Anda yang ingin bepergian ke luar negeri, pastikan untuk mengetahui cara membuat paspor dan mengajukan permohonan jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. 

https://money.kompas.com/read/2022/03/14/190749126/syarat-biaya-dan-cara-membuat-paspor-online-lewat-aplikasi-m-paspor

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.