Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan, Dijamin Cuan!

KOMPAS.com – Saat ini ada banyak cara mendapatkan penghasilan tambahan bagi karyawan, pekerja kantoran, serta pegawai negeri sipil (PNS).

Adanya penghasilan tambahan sangat berguna untuk membantu mencukupi kebutuhan dan menambah tabungan karyawan.

Mereka bisa mencari cara mendapatkan penghasilan tambahan melalui bisnis atau kegiatan sampingan yang mendatangkan cuan.

Namun, mencari penghasilan tambahan bukanlah perkara mudah. Karyawan atau PNS yang bekerja full-time harus mengemban tanggung jawab di kantor yang tidak bisa ditinggalkan.

Oleh karenanya, karyawan atau PNS yang bekerja full-time perlu menyiapkan diri terlebih dahulu sebelum fokus untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Dihimpun Kompas.com dari berbagai sumber, berkut adalah beberapa hal yang harus dipersiapkan karyawan atau PNS terlebih dahulu sebelum mencari penghasilan tambahan.

1. Disiplin manajemen waktu

Karyawan yang bekerja di kantor harus bisa melakukan manajemen waktu yang tepat serta disiplin agar bisnis sampingan bisa berjalan dengan baik.

Bisnis sampingan bisa dikerjakan pada malam hari ketika karyawan bekerja dari pagi hingga sore.

Buat schedule atau jadwal setiap harinya agar pekerjaan utama tidak terganggu. Pastikan juga untuk mematuhi jadwal yang dibuat agar aktivitas tidak berantakan.

2. Siap capek

Mencari uang tambahan merupakan hal yang melelahkan dan menguras energi. Sebab, karyawan kantor akan melakukan pekerjaan yang lebih atau ekstra, baik dari segi waktu maupun tenaga.

Karenanya, pastikan untuk menjaga kesehatan dan menguatkan tekad agar komitmen mencari penghasilan tambahan bisa dipegang teguh.

3. Riset lewat internet

Internet banyak menyediakan berbagai peluang yang membantu karyawan full-time mendapatkan penghasilan tambahan.

Manfaatkan internet dengan baik dan kreatif untuk menggali berbagai informasi terkait cara mendapatkan penghasilan tambahan.

Meski demikian, pastikan untuk double crosscheck informasi tersebut secara saksama. Sebab, saat ini cukup banyak kasus penipuan berkedok cara mendapatkan penghasilan tambahan di internet.

4. Manfaatkan aset

Tidak perlu aset yang besar untuk mencari cara mendapatkan penghasilan tambahan. Smartphone yang dimiliki bisa menjadi aset besar jika dimanfaatkan dengan baik untuk mencari cuan.

Contohnya dengan menjalankan bisnis atau usaha online, menjadi admin sosial media secara freelance, berjualan game online, hingga dropshipper.

Semua kegiatan tersebut bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja menggunakan smartphone.

5. Dalami hobi dan keahlian

Cukup banyak orang yang belum menyadari bahwa hobi atau keahlian yang dimiliki bisa menjadi salah satu sarana untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Misalnya seorang karyawan yang punya keterampilan make-up artist (MUA) bisa membuka bisnis sampingan saat waktu luang atau ketika tidak bekerja full-time.

Contoh lainnya adalah bagi yang memiliki hobi fotografi bisa memanfaatkan keterampilannya untuk membuka jasa foto atau menjadi fotografer lepas.

Jika sudah merasa siap dan mampu untuk mencari penghasilan tambahan, karyawan perlu menentukan kegiatan atau bisnis apa yang hendak dijalankan.

Berikut enam cara mendapatkan penghasilan tambahan, dikutip Kompas.com dari berbagai sumber.

1. Menjadi dropshipper atau reseller

Bisnis atau usaha online merupakan hal yang sangat marak terjadi dewasa kini. Fenomena ini kian menjadi tren setelah adanya skema dropship atau reseller.

Karyawan full-time bisa menjadi dropshipper dengan menjual berbagai barang supplier tanpa harus punya stok terlebih dahulu. Syaratnya hanya perlu memiliki platform online untuk berjualan.

Adapun sistem reseller mengharuskan penjual untuk kulakan barang terlebih dahulu agar stok produk atau barang yang diminta konsumen tersedia.

Sistem reseller sedikit lebih rumit ketimbang dropshipper karena penjual harus memastikan quality control hingga berjualan offline agar penjualan bisa lebih tinggi.

2. Investasi

Investasi merupakan salah satu cara mendapatkan penghasilan tambahan. Jenisnya pun beragam, mulai dari trading forex, tabungan deposito, trading saham, reksa dana, dan lain-lain.

Terlebih, saat ini sudah banyak platform investasi online yang bisa diunduh di smartphone.

Namun, investasi tidak bisa dilakukan sembarangan. Investor perlu mengenal betul jenis investasi yang dipilih dan bagaimana cara kerjanya.

Oleh karena itu, karyawan yang berminat melakukan investasi setidaknya harus belajar dan paham mengenai pengetahuan dasar investasi terlebih dahulu.

3. Ikut program affiliate marketing

Affiliate marketing merupakan metode menghasilkan uang lewat kode referral dengan cara promosi produk di berbagai platform online.

Platform online yang digunakan beragam, bisa website, landing page, blog, hingga postingan di sosial media (sosmed).

Komisi bisa didapatkan ketika ada orang yang mengklik kode referral dan terjadi aksi pembelian, pengunduhan aplikasi, atau pendaftaran keanggotaan atau membership.

Program affiliate marketing sangat cocok bagi karyawan yang super sibuk karena memberikan penghasilan tambahan secara online dengan nilai cukup besar.

Sebelum mencoba, pastikan Anda memiliki pengetahuan teknis tentang cara kerjanya, terutama yang berkaitan dengan search engine optimization (SEO).

4. Ambil kerjaan freelance

Kebutuhan akan pekerjaan freelance saat ini sangat tinggi bisa ditemukan dengan mudah di internet.

Karyawan yang bekerja di kantor bisa memilih opsi ini jika merasa bisnis atau usaha sampingan sulit dilakukan.

Pekerjaan freelance yang bisa dilakukan bervariasi, mulai dari menulis konten desain grafis, web development, jasa terjemahan, voice over, data entry, editor foto, hingga analis atau konsultan bisnis.

Semua bisa dipilih berdasarkan kapasitas dan kemampuan yang dimiliki. Waktu yang dibutuhkan juga fleksibel karena menyesuaikan dengan jam pekerjaan utama.

5. Broker properti atau kendaraan bermotor

Broker adalah perantara yang menghubungkan pedagang satu dengan lainnya dalam hal jual beli atau perantara penjual dan pembeli.

Pelakunya akan mendapatkan komisi atau penghasilan setiap ada transaksi yang berhasil dilakukan.

Meski demikian, hasilnya selalu tidak pasti. Perlu ketekunan dan keuletan besar agar mendapatkan komisi yang besar.

Untuk menjadi broker, seseorang harus pandai berkomunikasi dan luwes dalam melakukan pendekatan ke calon pembeli. Broker juga harus memiliki link yang luas.

Menjadi broker merupakan pekerjaan sampingan yang cocok bagi karyawan yang tidak ingin terlalu menghabiskan banyak waktu.

6. Jasa sewa kendaraan pribadi

Sewa kendaraan pribadi merupakan salah satu cara mendapatkan penghasilan tambahan dengan mudah.

Daripada kendaraan yang ada di rumah menganggur atau jarang dipakai, ada baiknya disewakan kepada pihak yang membutuhkan.

Caranya bisa dengan mendaftarkan kendaraan ke perusahaan yang membuka penyewaan mobil atau motor. Bisa juga dengan memasang iklan melalui media sosial (medsos) atau e-commerce.

Namun, jenis pekerjaan ini bisa juga mendatangkan masalah, salah satunya insiden pencurian kendaraan.

Karenanya, penting bagi penyedia untuk menentukan prosedur penyewaan, termasuk syarat dan ketentuan sewa agar kendaraan yang disewakan terhindar dari tindak pencurian.

Itulah berbagai cara mendapatkan penghasilan tambahan yang bisa diterapkan dengan mudah bagi karyawan atau PNS. Kunci utamanya adalah tekun, konsisten, serta disiplin.

Cara dapatkan modal usaha

Memulai kegiatan untuk mendapatkan penghasilan tambahan tentunya membutuhkan modal. Terutama bagi yang berminat untuk menjalankan bisnis atau usaha sampingan.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan modal usaha, bisa mencoba melakukan pinjaman online lewat Kredit Pintar.

Kredit Pintar memberikan solusi keuangan terbaik untuk masyarakat lewat skema pengajuan yang mudah.

Hanya dengan menyiapkan kartu tanda penduduk (KTP), masyarakat bisa memperoleh pinjaman dengan nominal hingga Rp 20 juta hanya dalam waktu lima menit.

Pembayaran dapat dilakukan setiap 28 hari atau dengan metode cicilan tenor beragam, mulai dari tiga sampai 12 bulan.

Apabila menemui kendala terkait proses peminjaman, masyarakat bisa menghubungi customer service di berbagai kanal Kredit Pintar.

Layanan customer service membantu nasabah yang mengalami berbagai kendala saat transaksi maupun pembayaran.

Selain itu, Kredit Pintar juga terus berupaya mengedukasi masyarakat agar #PintarBersamaCariCuan dengan selektif dalam memilih pinjaman dana yang cocok untuk untuk modal mengembangkan bisnis atau usaha.

Segera unduh Kredit Pintar di smartphone Anda untuk mendapatkan solusi keuangan yang cepat dan tepat.

Anda juga bisa meningkatkan skor pinjaman agar mendapatkan diskon, cicilan, voucher, pulsa, dan lain-lain.

Informasi mengenai edukasi finansial serta update terbaru bisa didapatkan dengan mengunjungi blog Kredit Pintar serta akun Instagram @kreditpintar.

https://money.kompas.com/read/2022/03/15/153000626/cara-mendapatkan-penghasilan-tambahan-dijamin-cuan

Terkini Lainnya

Angkutan Lebaran 2024, Kemenhub Siapkan Sarana dan Prasarana Transportasi Umum

Angkutan Lebaran 2024, Kemenhub Siapkan Sarana dan Prasarana Transportasi Umum

Whats New
Reksadana Saham adalah Apa? Ini Pengertiannya

Reksadana Saham adalah Apa? Ini Pengertiannya

Work Smart
Menhub Imbau Maskapai Tak Jual Tiket Pesawat di Atas Tarif Batas Atas

Menhub Imbau Maskapai Tak Jual Tiket Pesawat di Atas Tarif Batas Atas

Whats New
Anak Usaha Kimia Farma Jadi Distributor Produk Cairan Infus Suryavena

Anak Usaha Kimia Farma Jadi Distributor Produk Cairan Infus Suryavena

Whats New
Cara Cek Formasi CPNS dan PPPK 2024 di SSCASN

Cara Cek Formasi CPNS dan PPPK 2024 di SSCASN

Whats New
Pertamina Patra Niaga Apresiasi Polisi Ungkap Kasus BBM Dicampur Air di SPBU

Pertamina Patra Niaga Apresiasi Polisi Ungkap Kasus BBM Dicampur Air di SPBU

Whats New
HMSP Tambah Kemitraan dengan Pengusaha Daerah di Karanganyar untuk Produksi SKT

HMSP Tambah Kemitraan dengan Pengusaha Daerah di Karanganyar untuk Produksi SKT

Whats New
BCA Finance Buka Lowongan Kerja untuk D3-S1 Semua Jurusan, Cek Syaratnya

BCA Finance Buka Lowongan Kerja untuk D3-S1 Semua Jurusan, Cek Syaratnya

Work Smart
Pemerintah Sebut Tarif Listrik Seharusnya Naik pada April hingga Juni 2024

Pemerintah Sebut Tarif Listrik Seharusnya Naik pada April hingga Juni 2024

Whats New
Jasa Marga: 109.445 Kendaraan Tinggalkan Jabotabek Selama Libur Panjang Paskah 2024

Jasa Marga: 109.445 Kendaraan Tinggalkan Jabotabek Selama Libur Panjang Paskah 2024

Whats New
Survei Prudential: 68 Persen Warga RI Pertimbangkan Proteksi dari Risiko Kesehatan

Survei Prudential: 68 Persen Warga RI Pertimbangkan Proteksi dari Risiko Kesehatan

Earn Smart
7 Contoh Kebijakan Fiskal di Indonesia, dari Subsidi hingga Pajak

7 Contoh Kebijakan Fiskal di Indonesia, dari Subsidi hingga Pajak

Whats New
'Regulatory Sandbox' Jadi Ruang untuk Perkembangan Industri Kripto

"Regulatory Sandbox" Jadi Ruang untuk Perkembangan Industri Kripto

Whats New
IHSG Melemah 0,83 Persen dalam Sepekan, Kapitalisasi Pasar Susut

IHSG Melemah 0,83 Persen dalam Sepekan, Kapitalisasi Pasar Susut

Whats New
Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di Seluruh ATM BRI

Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di Seluruh ATM BRI

Whats New
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke