Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Simak Syarat dan Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 24

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah mengumumkan akan membuka pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 24 pekan ini. Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 24 rencananya akan dibuka pada Kamis (17/3/2022) pukul 10.30 WIB.

Bagi Anda yang tertarik, simak beberapa persyaratan dan cara daftar Prakerja secara online berikut ini. Proses pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 24 bisa dilakukan melalui situs resmi https://dashboard.prakerja.go.id/daftar.

Sementara bagi yang sudah memiliki akun Prakerja, nantinya hanya tinggal klik gabung dan mengikuti seleksi saat program Kartu Prakerja gelombang 24 dibuka.

Adapun jumlah peserta yang diterima untuk Kartu Prakerja gelombang 24 terbatas. Jumlahnya hanya 300.000 peserta. Setelah itu, gelombang selanjutnya program Kartu Prakerja akan dibuka kembali.

"Terkait Kartu Prakerja gelombang 23 kemarin sudah dimulai dan akan segera dimulai gelombang ke-24 yang ditargetkan untuk 300.000," jelas Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto dalam konferensi pers PPKM, Senin (14/3/2022).

Meski jumlah penerima berkurang, namun pemerintah tetap memberikan insentif yang sama. Yakni Rp 2,4 juta atau Rp 600.000 yang diberi selama 4 bulan.

Program Kartu Prakerja merupakan program pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan berupa bantuan biaya yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja yang terkena PHK, atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.

Adapun penerima Kartu Prakerja adalah pemegang Kartu Prakerja yang sah atau pihak yang telah lulus tes dan seleksi gelombang dan menerima persetujuan bantuan pelatihan untuk dipergunakan membeli atau membayar pelatihan.

Nantinya, mereka yang dinyatakan lulus program ini akan mendapat bantuan pelatihan, yakni bantuan dalam bentuk saldo nontunai pada Platform Digital untuk digunakan Penerima Kartu Prakerja untuk mengikuti pelatihan.

Pelatihan yang dimaksud antara lain keseluruhan kegiatan untuk memperoleh, meningkatkan, serta mengembangkan kompetensi kerja, produktivitas, disiplin, sikap, dan etos kerja pada tingkat keterampilan dan keahlian tertentu, yang diselenggarakan oleh penyelenggara pelatihan.

Lalu bagaimana cara daftar Prakerja (cara mendaftar kartu prakerja)?

Sebelum membahas cara daftar Prakerja lebih lanjut, simak beberapa syarat daftar Kartu Prakerja gelombang 24 sebagaimana dikutip dari laman resminya, prakerja.go.id.

Cara membuat akun Prakerja

Untuk daftar Kartu Prakerja, Anda harus memiliki akun terlebih dahulu. Berikut ini adalah langkah-langkah atau cara membuat akun Kartu Prakerja:

Cara daftar Prakerja atau login Prakerja

Jika pembuatan akun selesai, langkah selanjutnya adalah masuk ke dashboard Kartu Prakerja dengan membuka lagi situs www.prakerja.go.id atau login Prakerja. Berikut langkah-langkahnya:

Jika belum lolos, Anda bisa ikut program Kartu Prakerja gelombang berikutnya. Anda hanya perlu masuk ke dashboard akun Prakerja dan memilih gelombang yang tersedia.

Itulah informasi seputar syarat dan cara daftar Prakerja (cara mendaftar kartu prakerja) secara mudah di laman www.prakerja.go.id daftar. Bagi Anda yang sudha memiliki akun Prakerja, tingga masuk ke laman www.prakerja.go.id/login.

https://money.kompas.com/read/2022/03/15/180819426/simak-syarat-dan-cara-daftar-kartu-prakerja-gelombang-24

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke