Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Softbank Mundur, Luhut Sebut Abu Dhabi-China Siap Investasi 20 Miliar Dollar AS di IKN Nusantara

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan Abu Dhabi bakal membenamkan dana senilai 20 miliar dollar AS. Dana tersebut bakal masuk dalam Sovereign Wealth Fund/SWF Indonesia, Indonesia Investments Authority.

"Dana itu data sudah beberapa banyak, salah satu yang presiden sudah perintahkan adalah dari Abu Dhabi. Abu Dhabi itu akan masuk melalui SWF angkanya 20 miliar dollar AS," kata Luhut usai konferensi pers Kick Off Digital Economy Working Group (DEWG) G20, di Jakarta, Selasa (15/3/2022).

Luhut mengungkapkan, Abu Dhabi memiliki konsorsium sehingga dana tersebut berasal dari beberapa negara, salah satunya China.

"Abu Dhabi bilang ke saya, 'Kami itu konsorsium kami macam-macam negaranya, bukan kami sendiri, karena kami mau efisien'. Abu Dhabi itu punya partner mana-mana saja, termasuk ada juga China," ucap dia.

Selain Abu Dhabi, Arab Saudi juga menyatakan ketertarikannya melalui Putera Mahkota Mohammed bin Salman. Namun, besaran pasti investasi masih terus digodok.

"Crown Prince Mohammed bin Salman itu juga minta untuk dia masuk ke situ. Kalau beliau angkanya berapa sedang kita godok karena kami terus pertemuan secara virtual dengan timnya Mohammed bin Salman," jelas Luhut.

Intinya kata Luhut, pembangunan Ibu Kota baru seminimal mungkin menggunakan APBN. Porsinya hanya sekitar 20 persen dari Rp 466 triliun. Sisanya bakal bekerja sama dengan sektor swasta.

Sementara itu, mundurnya Softbank terjadi usai sahamnya anjlok. Alhasil, dana investasi dari Abu Dhabi dan Arab Saudi tidak jadi ditaruh dalam Vision Fund Softbank.

"Jadi dia (Softbank) enggak ada, ya sudah off. Nah sekarang dana yang tadinya ke Softbank itu, vision fund, enggak jalan, 100 miliar dollar AS itu, itu yang coba kita ambil dari Saudi dan dari Abu Dhabi," tandas Luhut.

https://money.kompas.com/read/2022/03/16/092107526/softbank-mundur-luhut-sebut-abu-dhabi-china-siap-investasi-20-miliar-dollar-as

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke